Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : .................................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
: X
Semester : Genap
Alokasi
Waktu : 6 jam pelajaran
A. Standar
Kompetensi
Berbicara
9. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
9.2 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut,
menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1. Menggunakan
tindak tutur menyatakan rasa terkejut dalam percakapan dengan baik.
2. Menggunakan
tindak tutur menyatakan rasa tak percaya dalam percakapan dengan baik.
3. Menggunakan
tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan ajakan dalam percakapan dengan
baik.
4. Melakukan
percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras,
bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca,
kreatif.
D. Materi
Pembelajaran
Percakapan
singkat menggunakan tindak tutur:
• Menyatakan
rasa terkejut:
- What a surprise!
• Menyatakan
rasa tak percaya:
- You must be joking.
• Menerima
undangan, tawaran, dan ajakan.
- Would you like to come to my party?
- I'd love to.
E. Metode
Pembelajaran
Three-phase
technique.
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
• Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan
pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara
sekilas;
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran speaking;
6. Mengulas
singkat tentang tindak tutur menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak
percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
7. Meminta
siswa untuk memberikan respon yang sesuai dengan mengungkapkan perasaan
bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi;
8. Meminta
siswa untuk mempraktikkan percakapan (tanya jawab) secara berpasangan dengan
tindak tutur mengungkapkan menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak
percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan; dan
9. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
• Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
1. Bermain
peran menggunakan tindak tutur menyatakan rasa terkejut.
2. Bermain
peran menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
3. Bermain
peran menggunakan tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
4. Menyusun
dialog berdasarkan situasi.
• Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
- Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- Membantu
menyelesaikan masalah;
- Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
- Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
1. bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber
Belajar
1. Buku
bahasa Inggris kelas X.
2. Buku
Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
3. Script
percakapan
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1. Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa terkejut dalam percakapan dengan baik.
2. Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya dalam percakapan dengan baik.
3. Menggunakan tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan ajakan dalam percakapan dengan baik.
4. Melakukan percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang
berterima.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Bermain peran
Isian
|
Situation:
Atria, Bertrand, and Louis are chatting outside the class.
Atria : Have you heard
the news?
Louis : No. What news?
Atria : Your favorite
singer, Taylor Swift, cancelled her four tours due to her illness.
Bertrand : Are you kidding?
Louis : To my surprise she
never cancels any concert because of illness before.
Bertrand : What happened?
Atria : She got
bronchitis. Her doctors told her that she could not perform in three shows in
America.
Louis : My goodness! It's
a serious problem.
Bertrand : How do you know this
news?
Atria : Well, I had a
chance to read newspaper this morning.
Bertrand : Wish I could do
something for her. Do you think her fans will be disappointed?
Atria : Yes, of course.
Louis : I will be
disappointed, too. But, due to her illness, I think she'd better take some
rest.
Bertrand : You are right, Louis. I
like her very much and I want her get better soon.
Atria : Just hope she
will be better soon.
Questions:
1. How
many persons are there in the dialog?
|
Format
Kriteria Penilaian
• Produk (Hasil Diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
• Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktik
Sikap
|
*
aktif
*
cukup aktif
*
kurang aktif
*
baik
*
cukup baik
*
kurang baik
|
3
2
1
3
2
1
|
• Lembar Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah
skor : jumlah skor maksimal) x 10.
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM
maka diadakan remedial.
Mengetahui, ......,
........................................
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
–––––––––––––––––––––––– ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK. NIP/NIK.
1 komentar:
Thanks my teacher
Posting Komentar