Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas :
XI
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran
. Standar
Kompetensi
Berbicara
9. Mengungkapkan
makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
(sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
9.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan
cinta, dan menyatakan perasaan sedih.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik
mampu:
1. Menggunakan
tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu dalam percakapan dengan baik.
2. Menggunakan
tindak tutur menyatakan perasaan cinta dalam percakapan dengan baik.
3. Menggunakan
tindak tutur menyatakan perasaan sedih dalam percakapan dengan baik.
4. Melakukan
percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
Karakter peserta didik yang diharapkan: kreatif, jujur, bersahabat/komunikatif.
D. Materi
Pembelajaran
Percakapan singkat menggunakan tindak tutur:
• Menyatakan
sikap terhadap sesuatu:
- Personally...
- In my case...
• Menyatakan
perasaan cinta:
- I have a crush on you.
- I adore ...
• Menyatakan
perasaan sedih:
- I’m sad about ...
- I’m sorry about ...
E. Metode
Pembalajaran
Three-phase technique
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan pretest
review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara sekilas;
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming)
tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran speaking;
6. Mendengarkan
penjelasan guru dalam grammar practice dan mengaplikasikannya secara
lisan
7. Mengulas
singkat tentang tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan
perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih.
8. Meminta
siswa untuk mempraktikkan percakapan (tanya jawab) secara berpasangan dengan
tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan
menyatakan perasaan sedih; dan
9. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1. Bermain
peran menggunakan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu.
2. Bermain
peran menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan cinta.
3. Bermain
peran menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan sedih.
4. Menyusun
dialog berdasarkan situasi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber.
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan.
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
a. Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. Membantu
menyelesaikan masalah.
c. Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
1. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber Belajar
1. Buku bahasa
Inggris kelas XI.
2. Buku Simpati
SMA Bahasa Inggris kelas XI.
3. Script
percakapan.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
1. Menggunakan
tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu dalam percakapan dengan baik.
2. Menggunakan
tindak tutur menyatakan perasaan cinta dalam percakapan dengan baik.
3. Menggunakan
tindak tutur menyatakan perasaan sedih dalam percakapan dengan baik.
4. Melakukan
percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Praktik
Isian
|
Imagine then
perform the following dialogue in pairs!
Mr. Akbar : My dear, I’ll possibly
return home late.
Mrs. Akbar : Is there an
urgent meeting at your office, my dear?
Mr. Akbar : Yeah. Don’t you remember?
It’s the last week in the month. I should finish my monthly report soon.
Mrs. Akbar : OK then. But I
won’t open the door for you if you come home at midnight.
Mr. Akbar : What about coming home
early in the morning?
So,
I won’t disturb you.
Mrs. Akbar : Never
mind. If you don’t love me anymore, just leave me alone.
|
Format
Kriteria Penilaian
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal)×10
Untuk peserta didik yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
..............,
........................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
____________ ____________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar