Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas :
XI
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog
berbentuk narrative, spoof , dan hortatory
exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran
ini, peserta didik mampu:
1. Mengidentifikasi makna dan informasi dalam teks fungsional pendek.
2. Mengidentifikasi tujuan teks fungsional pendek.
3. Mengidentifikasi isi, tujuan, dan bentuk teks fungsional pendek.
Karakter peserta didik yang
diharapkan: disiplin, tanggung jawab,
kerja keras, mandiri.
D. Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek.
E. Metode Pembelajaran
Three-phase technique
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
1. Mengawali pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan pretest review untuk mengulang kembali pelajaran
yang telah lalu secara sekilas;
2. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming)
tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran,
dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran listening;
6. Mengulas singkat tentang tujuan komunikatif dan informasi teks
fungsional pendek.
7. Meminta siswa untuk memberikan respon yang sesuai atas teks
fungsional pendek; dan
8. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium
atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1. Membahas makna & informasi dalam teks fungsional pendek.
2. Mendengarkan teks fungsional pendek.
3. Menjawab/merespon pertanyaan tentang :
a. Isi teks yang didengar
b. Tujuan teks fungsional
c. Bentuk teks fungsional
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan,
tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
peserta didik melalui berbagai sumber,
3. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh
pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
a. Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
b. Membantu menyelesaikan
masalah;
c. Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
d. Memberi informasi
untuk bereksplorasi lebih jauh;
e. Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
1. Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber Belajar
1. Rekaman kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas XI.
2. Buku bahasa Inggris kelas XI.
3. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
1. Mengidentifikasi makna dan informasi dalam
teks fungsional pendek.
2. Mengidentifikasi tujuan teks fungsional pendek.
3. Mengidentifikasi isi, tujuan, dan bentuk teks fungsional pendek.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Praktik
Isian
Uraian
|
Listen and
complete the text!
A poor
woodsman’s wife sighed one day and said, “if only we could have (1) ______,
even he was only as tall as a thumb. Time went by, and in the end a child was
born to her, a little boy who was exactly as tall as a thumb; so they called
him Tom Thumb.
|
Format Kriteria
Penilaian
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal)×10
Untuk peserta didik yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
..............,
........................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
____________ ____________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar