Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas :
XI
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained)
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
7.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan
malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran
ini, peserta didik mampu:
1. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan malu.
2. Merespon ungkapan tindak tutur menyatakan perasaan malu.
3. Mengidentifikasi
makna tindak tutur menyatakan perasaan marah.
4. Merespon ungkapan tindak tutur menyatakan perasaan marah.
5. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan jengkel.
6. Merespon ungkapan yang terkait tindak tutur menyatakan perasaan
jengkel.
Karakter peserta didik yang diharapkan: toleransi, mandiri, kerja keras.
D. Materi Pembelajaran
Percakapan singkat menggunakan
tindak tutur:
• Menyatakan
perasaan malu:
- I'm shy
- I feel embarrassed.
• Menyatakan
perasaan marah:
- You're nuts!
- You're mad!
• Menyatakan
perasaan jengkel:
- You drive me crazy!
- I'm very annoyed.
E. Metode Pembelajaran
Three-phase technique
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
1. Mengawali pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan pretest review untuk mengulang kembali pelajaran
yang telah lalu secara sekilas;
2. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming)
tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran,
dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran listening;
6. Mengulas singkat tentang tindak tutur menyatakan perasaan malu,
menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel;
7. Meminta siswa untuk memberikan respon yang sesuai dengan tindak
tutur menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan
perasaan jengkel dan;
8. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium
atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1. Membahas ungkapan yang terkait dengan tindak tutur menyatakan
perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel.
2. Mendengarkan percakapan yang terkait dengan materi.
3. Menjawab/merespon pertanyaan tentang percakapan yang didengar.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan,
tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
peserta didik melalui berbagai sumber,
3. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh
pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
a. Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
b. Membantu menyelesaikan
masalah;
c. Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
d. Memberi informasi
untuk bereksplorasi lebih jauh;
e. Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
1. Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber Belajar
a. Rekaman kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas XI.
b. Buku bahasa Inggris kelas XI.
c. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
1. Mengidentifikasi
makna tindak tutur menyatakan perasaan malu.
2. Merespon
ungkapan tindak tutur menyatakan perasaan malu.
3. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan marah.
4. Merespon
ungkapan tindak tutur menyatakan perasaan marah.
5. Mengidentifikasi
makna tindak tutur menyatakan perasaan jengkel.
6. Merespon
ungkapan yang terkait tindak tutur menyatakan perasaan
jengkel.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Praktik
Isian
|
Listen and
answer the questions orally!
1. When do
people laugh?
2. When do
people get embarrassed?
3. When do
people smile?
4. Do you have
any amusing experience? If so, tell your classmates your experience!
5. Have you
ever read a funny story? Tell your classmates the story if you have!
6. Have you
ever had an embarrassing experience? Tell your classmates the experience if
you have one!
7. If your
teacher finds you cheating in a test, how do you feel?
|
Format Kriteria
Penilaian
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal)×10
Untuk peserta didik yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
..............,
........................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
____________ ____________
NIP. NIP.
1 komentar:
Casino | Dr.Mcd.com
The Casino at Dr.Mcd.com, 인천광역 출장마사지 the world's favorite, 양주 출장샵 remembers playing 대구광역 출장마사지 cardrooms in the late '80s, and the “early '90s. The hotel 청주 출장안마 has 1,400 rooms 포천 출장안마
Posting Komentar