Halaman

Rabu, 29 Mei 2013

Silabus Bahasa Inggris kelas 10 Tahun Ajaran 2012 / 2013

SILABUS

Nama Sekolah           :   ……………………………....
Mata Pelajaran           :   Bahasa Inggris
Kelas                         :   X
Semester                  :   Genap
Standar Kompetensi  :   Mendengarkan
                                     7.       Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:  berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
Percakapan singkat menggunakan tindak tutur:
·    Berterimakasih:
-     Thank you.
-     Thanks.
·    Memuji:
-     Nice dress.
-     Good job.
·    Mengucapkan selamat:
-     Congratulation.
-     Happy birthday.
1.  Membahas ungkapan yang terkait dengan tindak tutur berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
2.  Mendengarkan percakapan yang terkait dengan materi.
3.  Menjawab/meres-pon pertanyaan tentang percakapan yg didengar.

1. Mengidentifikasi makna tindak tutur berterima kasih.
2. Merespon ungkapan tindak tutur berterima kasih.
3. Mengidentifikasi makna memuji.
4. Merespon ungkapan tindak tutur memuji.
5. Mengidentifikasi makna tindak tutur mengucapkan selamat.
6. Merespon ungkapan tindak tutur mengucapkan selamat.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Listen and answer the questions!
1.  What was the best achievement you got?
2.  How did people respond to your achievement? Did they congratulate you?
3.  What do you say when you want to congratulate someone?
4.  How do you respond to someone congratulations?          
5.  What do you say when you want to compliment someone?
6.  How do you respond to someone compliment?
6 jam pelajaran
1.  Rekaman kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas X.
2.  Buku bahasa Inggris kelas X.
3.  Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif.



Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
Percakapan singkat menggunakan tindak tutur:
·    Menyatakan rasa terkejut:
-     What a surprise!
·    Menyatakan rasa tak percaya:
-     You must be joking.
·    Menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
-     Would you like to come to my party?
-     I’d love to.
1.  Membahas ungkapan yang terkait dengan tindak tutur menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
2.  Mendengarkan percakapan yang terkait dengan materi.
3.  Menjawab/meres-pon pertanyaan tentang percakapan yang didengar.
1. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut.
2.  Merespon ungkapan tindak tutur menyatakan rasa terkejut.
3.  Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
4. Merespon ungkapan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
5. Mengidentifikasi makna tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
6. Merespon ungkapan yang terkait tindak tutur undangan, tawaran, dan ajakan.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Fill in the blanks with the correct respond!
1. Bella      :    Would you have a glass of es palubutung?
     Tony      :    (accept) That would be very nice.
2. Firman   :    Shall we have lunch at Padang Resto?
     Susan    :    (decline) ....
3. Susan    :    Won't you have more satay?
     Lody      :    (decline) ....
4. Brandon    :       Would you like to have dinner with me tonight?
     Ayu        :    (accept) ....
5. Ayu        :    Will you have something to drink?
     Nico       :    (accept) ....
6.  Tony      :    Would you like to join me for a coffee?
     Brandon    :       (decline) ....
6 jam pelajaran
1.  Rekaman kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas X.
2.  Buku bahasa Inggris kelas X.
3.  Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif.


Standar Kompetensi     :     Mendengarkan
                                          8.   Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative, descriptive, dan news item sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
Teks fungsional pendek.
·     Invitation
·     Announcement
·     Notes

1.  Membahas makna & informasi dalam teks fungsional pendek invitation, announcement,dan notes.
2.  Mendengarkan teks fungsional pendek invitation, announcement,dan notes.
3.  Menjawab/merespon pertanyaan tentang :
a.  Isi teks yang didengar
b.  Tujuan teks fungsional
c.  Bentuk teks fungsional
1.   Mengidentifikasi makna dan informasi dalam teks fungsional pendek invitation, announcement, dan notes.
2.   Mengidentifikasi tujuan teks fungsional pendek invitation, announcement,dan notes
3.   Mengidentifikasi bentuk teks fungsional pendek invitation, announcement,dan notes.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Uraian
Listen to the radio advertisement and answer the questions!
1.  What product is advertised?
2.  How does the man's car look like?
3.  What does the man think about the car?
4.  What does it mean by "makes old car like new car "?
5.  Do you think the car is new?
6 jam pelajaran
1.   Rekaman kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas X.
2.   Buku bahasa Inggris kelas X.
3.   Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif.



Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.2  Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk; narrative, descriptive, dan news item.
Teks lisan berbentuk:
·     Narrative
·     Descriptive
·     News item
1.  Mendengarkan teks monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
2.  Memahami makna gagasan dalam teks narrative, descriptive, dan news item.
3.  Menjawab pertanyaan- pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam materi teks.
1. Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk narrative.
2. Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk descriptive.
3. Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk news item.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Uraian
Listen and complete the blanks with the words provided!
Mesopotamia means between the (1)…. It is a Greek name for the land between the Tigris and Euphrates rivers in (2)… Iraq, a country in the Middle East. The fertile land between the rivers was easy to farm, and large (3)… grew. Mesopotamians lived in villages and (4)… cattle. They grew wheat, barley, and date palms. About 8,000 years ago, Mesopotamians learned how to build canals and dams. The canals carried river water to their fields. Mesopotamians began to build large, productive farms, and the population grew. The (5)… became rich and powerful.
By about 6,000 years ago, a Mesopotamian people called the Sumerians built the world's first cities. Mesopotamians built their cities with mud (6)…. They erected walls around them for protection from (7)…. Mesopotamian cities were (8)… by priest-kings who lived in beautiful palaces. The most important buildings in Mesopotamian cities were huge mud-brick temples honoring local (9)…. The temples are known as ziggurats.
The cities of Mesopotamia were complex, just like modern cities. They had homes, factories, warehouses, shops, restaurants, and religious temples. (10)… families lived in houses surrounded by walled gardens. People often traveled in carts pulled by donkeys.
6 jam pelajaran
1.   Rekaman kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas X.
2.   Buku bahasa Inggris kelas X.
3.   Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, keratif.

Standar Kompetensi  :   Berbicara
                                 9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
9.1         Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
Percakapan singkat menggunakan tindak tutur:
·    Berterimakasih:
-     Thank you.
-     Thanks.
·    Memuji:
-     Nice dress.
-     Good job.
·    Mengucapkan selamat:
-     Congratulation.
-     Happy birthday.
1.  Bermain peran menggunakan tindak tutur berterima kasih.
2.  Bermain peran menggunakan tindak tutur memuji.
3.  Bermain peran menggunakan tindak tutur mengucapkan selamat.
4.  Menyusun dialog berdasarkan situasi.
1.  Menggunakan tindak tutur berterima kasih dalam percakapan dengan baik.
2.  Menggunakan tindak tutur memuji dalam percakapan dengan baik.
3.  Menggunakan tindak tutur mengucapkan selamat dalam percakapan dengan baik.
4.  Melakukan percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
Tes lisan

Tes tertulis
Bermain peran

Isian
Uraian
Practice the dialogue below!
Cecil       :   You look cute with that hat.
Genta     :   Thank you for saying so. By the way, I heard from John that you won two free tickets to watch 'The Ultimate Spiderman' in the cinema. Congratulations!
Cecil       :   Thank you. I joined a quiz in the radio and I won it.
Genta     :   That's great. What would you do with the tickets?
Cecil       :   Well, actually I'm going to ask you to go with me to watch the movie. Shall we?
Genta     :   Really? I'd love to.
Cecil       :   So, can you pick me up at 7 tomorrow evening?
Genta     :   Of course. I'll be there on time.
Cecil       :   I'll be waiting for you.
6 jam pelajaran
1. Buku bahasa Inggris kelas X.
2. Buku Simpati Smp Bahasa Inggris kelas X.
3. Script percakapan bahasa Inggris kelas X.
Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif.





Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
9.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
Percakapan singkat menggunakan tindak tutur:
·    Menyatakan rasa terkejut:
-     What a surprise!
·    Menyatakan rasa tak percaya:
-     You must be joking.
·    Menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
-     Would you like to come to my party?
-     I’d love to.
1.  Bermain peran menggunakan tindak tutur menyatakan rasa terkejut.
2.  Bermain peran menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
3.  Bermain peran menggunakan tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
4.  Menyusun dialog berdasarkan situasi.
1.  Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa terkejut dalam percakapan dengan baik.
2.  Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya dalam percakapan dengan baik.
3.  Menggunakan tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan ajakan dalam percakapan dengan baik.
4.  Melakukan percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
Tes lisan

Tes tertulis
Bermain peran

Isian
Uraian
Practice the dialogue below then answer the questions!
Situation: Atria, Bertrand, and Louis are chatting outside the class.
Atria  :    Have you heard the news?
Louis :    No. What news?
Atria  :    Your favorite singer, Taylor Swift, cancelled her four tours due to her illness.
Bertrand :               Are you kidding?
Louis :    To my surprise she never cancels any concert because of illness before.
Bertrand :               What happened?
Atria  :    She got bronchitis. Her doctors told her that she could not perform in three shows in America.
Louis :    My goodness! It's a serious problem.
Bertrand :               How do you know this news?
Atria  :    Well, I had a chance to read newspaper this morning.
Bertrand :               Wish I could do something for her. Do you think her fans will be disappointed?
Atria  :    Yes, of course.
Louis :    I will be disappointed, too. But, due to her illness, I think she'd better take some rest.
Bertrand :               You are right, Louis. I like her very much and I want her get better soon.
Atria  :    Just hope she will be better soon.
Questions:
1.    How many persons are there in the dialog?
6 jam pelajaran
1. Buku bahasa Inggris kelas X.
2. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
3. Script percakapan bahasa Inggris kelas X.
Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif.


Standar Kompetensi  :     Berbicara
                                 10.  Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
10.1         Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dl.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive, dan news item.
Teks fungsional pendek berbentuk:
· Invitation
· Announcement
· Notes

1.  Menyusun teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes secara lisan.
2.  Mempresentasikan teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes secara lisan.
3.  Memahami tata bahasa dalam teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes.
1. Membuat teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes secara lisan.
2. Merespon teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes secara lisan.
3. Menggunakan tata bahasa dalam teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes dengan benar.
Tes lisan


Tes tertulis
Praktik uji petik

Isian
Uraian
Work in pairs! Write an advertisement in English. You are free to choose what you are advertised, it can be a product, service, or an event. Make it as interesting as possible and then read it in front of the class. Your friend will give comments on your advertisement!
6 jam pelajaran
1.   Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
2.   Teks fungsional pendek.
Karakter peserta didik yang diharapkan: Rasa ingin, disiplin, bersahabat/komunikatif, kreatif, gemar membaca, kerja keras, tanggung jawab.



Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
10.2   Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive, dan news item.
Teks lisan berbentuk:
·     Narrative
·     Descriptive
·     News item
1.  Menyusun teks monolog berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
2.  Memahami makna gagasan teks monolog berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
3.  Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks secara lisan.
1.  Melakukan monolog dengan teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
2.  Mengidentifikasi makna gagasan teks monolog berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
3.  Merespon pertanyaan tentang makna gagasan teks secara lisan.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik uji petik

Isian
Uraian
What does the text talk about?
6 jam pelajaran
1. Buku bahasa Inggris kelas X.
2. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif.


Standar Kompetensi  :   Membaca
                                 11.         Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
11.1   Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dan lain-lain.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Teks fungsional pendek berbentuk:
·     Invitation
·     Announcement
·     Notes
1.  Membaca nyaring teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan news item dengan lafal dan intonasi yang benar.
2.  Memahami informasi dalam teks berbentuk invitation, announcement, dan news item
3.  Memahami bentuk dan tata bahasa yang digunakan dalam teks invitation, announcement, dan news item.
1.   Membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar.
2.   Mengidentifikasi informasi dalam teks berbentuk invitation, announcement, dan news item
3.   Mengidentifikasi bentuk dan tata bahasa dalam teks invitation, announcement, dan news item.
Tes lisan


Tes tertulis


Praktik uji petik


Uraian
Read the text below carefully!
Gua Tabuhan Is a Lively Unique Cave
In the cave, Nyi (Mrs.) Kamiyem and Ki (Mr.) Padmo sit on a big stone. Nyi Kamiyem will sing a song and Ki Padmo will beat the drum. Joining them are people called wiyogo which are drummers and other gamelan musicians.
What makes this unique is that they mix gamelan with the sounds of nature. The visitors dance, forgetting all problems.
Many tourists go to this cave. Maybe you are interested in going there too but you don't know where it is. Gua Tabuhan is located near Pacitan in East Java. It is situated in a lime hill called Tapan, in Tabuhan, Wareng village. The route is easy. Along the road there is beautiful tropical scenery to enjoy rice fields, coconut-palms and birds.
East of the cave peddlers sell souvenirs. The drink and food peddlers are on the north side. People sell agates on the cave terraces. Somehow, it is like a fair.
It is said that the cave is the only place where nature produces sounds like the music of gamelan. Nyi Kamiyem, a well-known pesinden (traditional Javanese singer) from the village of Gabuhan, who often sings in the cave, does not doubt anything.
Gua Tabuhan did not use to welcome visitors. According to Kartowiryo (90), village elder, Gua Tabuhan used to be a hiding place for robbers. It was believed to be a sacred place. No one dared go inside. However, Wedana (chief of a district) Kertodiprojo, went to the cave to find out what was wrong. He found out that the cave was inhabited by the annoying evil spirits. The people chased the spirits away.
The cave is dark, so people need lights, and a local guide will lead the way. Sometimes visitors bump their heads against the sharp rocks on the ceiling.
Inside the cave there is a plain big stone which is believed to be the prayer mat of Pangeran Diponegoro, one of the Indonesian heroes who fought against the Dutch. It is said that Pangeran Diponegoro used to seclude himself in the cave. Some people now use the place for meditation.
There is a stream in the cave, in the east corner, which can only be seen outside. However, it can be heard from inside.
Besides the cave, Watukarang, a beach nearby, is good to visit. By the way, do you want different souvenirs? You can find them in Donorodjo village where agate craftsman work. So, have a nice journey.
6 jam pelajaran
1. Buku bahasa Inggris kelas X.
2. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
11.2   Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
Teks berbentuk:
·     Narrative
·     Descriptive
·     News item
-      Membaca nyaring bermakna teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item dengan lafal dan intonasi yang benar.
-      Mendiskusikan langkah retorika teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
-      Mendiskusikan main idea dalam wacana.
-      Mendiskusikan tujuan komunikatif teks yang dibaca.
-      Mendiskusikan urutan peristiwa dalam teks.
-      Mendiskusikan tokoh dari cerita yang dibaca.
-      Membaca nyaring bermakna teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item dengan baik.
-      Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks.
-      Mengidentifikasi main idea dalam wacana.
-      Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks yang dibaca.
-      Mengidentifikasi urutan peristiwa dalam teks.
-      Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang dibaca.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik uji petik

Pilihan ganda
The main idea of the first paragraph is ....
a.  Why the writer hates the cat.
b.  When the cat comes.
c.  What the writer likes the cat.
d.  Why the writer likes the Persian cat.
e.  When the watches TV.
6 jam pelajaran
-       Buku Bahasa Inggris kelas X.
-       Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, gemar membaca, rasa ingin tahu, kreatif.


Standar Kompetensi     :  Membaca
                                       11.  Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
12.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari.
1. Teks fungsional pendek berbentuk:
·    Invitation
·    Announce-ment
·    Notes
2. Grammar:
·    Present progressive
·    Direct and indirect speech
·    Adjectives order
·    Passive voice
1.  Menulis teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan news item
2.  Menggunakan kalimat present progressive dalam teks yang tepat.
3.  Menulis direct dan indirect speech serta passive voice.
4.  Memahami penggunaan adjectives order.
1.   Membuat teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan news item.
2.   Menggunakan kalimat present progressive dengan tepat.
3.   Menggunakan direct dan indirect speech serta passive voice dengan tepat.
4.   Menggunakan adjectives order pada kalimat dengan tepat.
Tes tertulis
Isian

Uraian 
Put the adjectives in brackets in the correct position!
1.  black gloves (leather)
2.  an American film (old/interesting)
6 jam pelajaran
1. Buku Bahasa Inggris kelas X.
2. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
12.2   Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
Teks berbentuk:
·     Narrative
·     Descriptive
·     News item
1.   Menulis gagasan utama teks narrative, descriptive, dan news item.
2.   Mengelaborasi gagasan utama teks narrative, descriptive, dan news item.
3.   Membuat teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
1.  Mengidentifikasi gagasan utama teks narrative, descriptive, dan news item.
2.  Mengelaborasi gagasan utama teks narrative, descriptive, dan news item.
3.  Menghasilkan teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
Tes tertulis
Pilihan ganda
Find a narrative story in the magazine, newspaper, or internet! You are free to choose the story, however, it will be better to pick a story which is rarely known by your friends. Analyze the generic structure of the story and try to retell the story on the next meeting!
6 jam pelajaran
1. Buku bahasa Inggris kelas X.
2. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif.

Tidak ada komentar: