SILABUS
Nama Sekolah : ……………………………....
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : Genap
Standar Kompetensi : Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Merespon makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)
resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan
ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: berterima
kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
|
Percakapan
singkat menggunakan tindak tutur:
· Berterimakasih:
- Thank you.
- Thanks.
· Memuji:
-
Nice dress.
-
Good job.
·
Mengucapkan
selamat:
-
Congratulation.
-
Happy birthday.
|
1.
Membahas
ungkapan yang terkait dengan tindak tutur berterima kasih, memuji, dan mengucapkan
selamat.
2.
Mendengarkan
percakapan yang terkait dengan materi.
3.
Menjawab/meres-pon
pertanyaan tentang percakapan yg didengar.
|
1. Mengidentifikasi
makna tindak tutur berterima kasih.
2. Merespon
ungkapan tindak tutur berterima
kasih.
3. Mengidentifikasi
makna memuji.
4. Merespon ungkapan tindak tutur memuji.
5. Mengidentifikasi
makna tindak tutur mengucapkan
selamat.
6. Merespon ungkapan tindak tutur mengucapkan selamat.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Praktik
Isian
|
Listen
and answer the questions!
1. What
was the best achievement you got?
2. How
did people respond to your achievement? Did they congratulate you?
3. What
do you say when you want to congratulate someone?
4. How
do you respond to someone congratulations?
5. What
do you say when you want to compliment someone?
6. How
do you respond to someone compliment?
|
6 jam
pelajaran
|
1. Rekaman kaset, CD, VCD listening
bahasa Inggris kelas X.
2. Buku bahasa Inggris kelas X.
3. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris
kelas X.
|
Karakter peserta didik yang diharapkan:
Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu,
gemar membaca, kreatif.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.2 Merespon makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang
menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan
rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
|
Percakapan
singkat menggunakan tindak tutur:
· Menyatakan rasa
terkejut:
- What a surprise!
· Menyatakan rasa tak
percaya:
-
You must be joking.
·
Menerima
undangan, tawaran, dan ajakan.
-
Would you like to come to my party?
-
I’d love to.
|
1.
Membahas
ungkapan yang terkait dengan tindak tutur menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa
tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
2.
Mendengarkan
percakapan yang terkait dengan materi.
3.
Menjawab/meres-pon
pertanyaan tentang percakapan yang didengar.
|
1. Mengidentifikasi
makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut.
2. Merespon
ungkapan tindak tutur menyatakan rasa terkejut.
3.
Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa tak
percaya.
4. Merespon
ungkapan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
5. Mengidentifikasi
makna tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
6. Merespon
ungkapan yang terkait tindak tutur undangan, tawaran, dan
ajakan.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Praktik
Isian
|
Fill in the
blanks with the correct respond!
1.
Bella :
Would you have a glass of es
palubutung?
Tony :
(accept) That would be very nice.
2.
Firman :
Shall we have lunch at Padang Resto?
Susan : (decline) ....
3.
Susan :
Won't you have more satay?
Lody :
(decline) ....
4.
Brandon
: Would
you like to have dinner with me tonight?
Ayu :
(accept) ....
5.
Ayu :
Will you have something to drink?
Nico :
(accept) ....
6. Tony :
Would you like to join me for a
coffee?
Brandon
: (decline)
....
|
6 jam
pelajaran
|
1. Rekaman kaset, CD, VCD listening
bahasa Inggris kelas X.
2. Buku bahasa Inggris kelas X.
3. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris
kelas X.
|
Karakter peserta didik yang diharapkan:
Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu,
gemar membaca, kreatif.
Standar Kompetensi : Mendengarkan
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek
dan monolog yang berbentuk narrative, descriptive, dan news
item sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks
lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.)
resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai
konteks kehidupan sehari-hari.
|
Teks
fungsional pendek.
· Invitation
· Announcement
· Notes
|
1.
Membahas
makna & informasi dalam
teks fungsional pendek invitation,
announcement,dan
notes.
2.
Mendengarkan
teks fungsional pendek invitation,
announcement,dan
notes.
3.
Menjawab/merespon
pertanyaan tentang :
a.
Isi
teks yang didengar
b.
Tujuan
teks fungsional
c.
Bentuk
teks fungsional
|
1.
Mengidentifikasi
makna dan informasi dalam teks fungsional pendek invitation,
announcement,
dan notes.
2.
Mengidentifikasi
tujuan teks fungsional pendek invitation, announcement,dan notes
3.
Mengidentifikasi
bentuk teks fungsional pendek invitation, announcement,dan notes.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Praktik
Isian
Uraian
|
Listen
to the radio advertisement and answer the questions!
1. What
product is advertised?
2. How
does the man's car look like?
3. What
does the man think about the car?
4. What
does it mean by "makes old car like new car "?
5. Do
you think the car is new?
|
6 jam
pelajaran
|
1. Rekaman kaset, CD, VCD listening
bahasa Inggris kelas X.
2. Buku bahasa Inggris kelas X.
3. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris
kelas X.
|
Karakter peserta didik yang diharapkan:
Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu,
gemar membaca, kreatif.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana
yang menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk; narrative, descriptive, dan news
item.
|
Teks lisan berbentuk:
·
Narrative
· Descriptive
· News item
|
1. Mendengarkan teks monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan news
item.
2. Memahami makna gagasan dalam teks narrative, descriptive, dan news
item.
3. Menjawab pertanyaan- pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat
dalam materi teks.
|
1. Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk narrative.
2. Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk descriptive.
3. Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk news item.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Praktik
Isian
Uraian
|
Listen
and complete the blanks with the words provided!
Mesopotamia means between the (1)…. It is a
Greek name for the land between the Tigris and Euphrates
rivers in (2)… Iraq, a
country in the Middle East. The fertile land
between the rivers was easy to farm, and large (3)… grew. Mesopotamians lived
in villages and (4)… cattle. They grew wheat, barley, and date palms. About
8,000 years ago, Mesopotamians learned how to build canals and dams. The
canals carried river water to their fields. Mesopotamians began to build
large, productive farms, and the population grew. The (5)… became rich and
powerful.
By about 6,000 years ago, a Mesopotamian people
called the Sumerians built the world's first cities. Mesopotamians built
their cities with mud (6)…. They erected walls around them for protection
from (7)…. Mesopotamian cities were (8)… by priest-kings who lived in
beautiful palaces. The most important buildings in Mesopotamian cities were
huge mud-brick temples honoring local (9)…. The temples are known as
ziggurats.
The cities of Mesopotamia
were complex, just like modern cities. They had homes, factories, warehouses,
shops, restaurants, and religious temples. (10)… families lived in houses
surrounded by walled gardens. People often traveled in carts pulled by
donkeys.
|
6 jam
pelajaran
|
1. Rekaman kaset, CD, VCD listening
bahasa Inggris kelas X.
2. Buku bahasa Inggris kelas X.
3. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris
kelas X.
|
Karakter peserta didik yang diharapkan:
Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu,
gemar membaca, keratif.
Standar Kompetensi : Berbicara
9. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)
resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan
ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
|
Percakapan
singkat menggunakan tindak tutur:
· Berterimakasih:
- Thank you.
- Thanks.
· Memuji:
-
Nice dress.
-
Good job.
·
Mengucapkan
selamat:
-
Congratulation.
-
Happy birthday.
|
1. Bermain peran menggunakan tindak tutur berterima kasih.
2. Bermain peran menggunakan tindak tutur memuji.
3. Bermain peran menggunakan tindak tutur mengucapkan selamat.
4. Menyusun dialog berdasarkan situasi.
|
1. Menggunakan tindak tutur berterima kasih dalam percakapan dengan baik.
2. Menggunakan tindak tutur memuji dalam percakapan dengan baik.
3. Menggunakan tindak tutur mengucapkan selamat dalam percakapan dengan baik.
4. Melakukan percakapan berdasarkan situasi dengan
ungkapan-ungkapan yang berterima.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Bermain peran
Isian
Uraian
|
Practice
the dialogue below!
Cecil : You
look cute with that hat.
Genta : Thank
you for saying so. By the way, I heard from John that you won two free
tickets to watch 'The Ultimate Spiderman' in the cinema. Congratulations!
Cecil : Thank
you. I joined a quiz in the radio and I won it.
Genta : That's
great. What would you do with the tickets?
Cecil : Well,
actually I'm going to ask you to go with me to watch the movie. Shall we?
Genta : Really?
I'd love to.
Cecil : So,
can you pick me up at 7 tomorrow evening?
Genta : Of
course. I'll be there on time.
Cecil : I'll
be waiting for you.
|
6 jam
pelajaran
|
1. Buku bahasa Inggris kelas X.
2. Buku Simpati Smp Bahasa Inggris
kelas X.
3. Script percakapan bahasa Inggris
kelas X.
|
Karakter peserta didik yang diharapkan:
Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu,
gemar membaca, kreatif.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)
resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam
bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan
tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta
menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
|
Percakapan
singkat menggunakan tindak tutur:
· Menyatakan rasa
terkejut:
- What a surprise!
· Menyatakan rasa tak
percaya:
-
You must be joking.
·
Menerima
undangan, tawaran, dan ajakan.
-
Would you like to come to my party?
-
I’d love to.
|
1.
Bermain peran
menggunakan tindak tutur menyatakan rasa terkejut.
2.
Bermain peran
menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
3.
Bermain peran
menggunakan tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
4.
Menyusun dialog
berdasarkan situasi.
|
1. Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa
terkejut dalam percakapan dengan baik.
2. Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak
percaya dalam percakapan dengan baik.
3. Menggunakan tindak tutur menerima undangan,
tawaran, dan ajakan dalam percakapan dengan baik.
4. Melakukan percakapan berdasarkan situasi dengan
ungkapan-ungkapan yang berterima.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Bermain peran
Isian
Uraian
|
Practice
the dialogue below then answer the questions!
Situation:
Atria, Bertrand, and Louis are chatting outside the class.
Atria : Have
you heard the news?
Louis : No.
What news?
Atria : Your
favorite singer, Taylor Swift, cancelled her four tours due to her illness.
Bertrand : Are
you kidding?
Louis : To
my surprise she never cancels any concert because of illness before.
Bertrand : What
happened?
Atria : She
got bronchitis. Her doctors told her that she could not perform in three
shows in America.
Louis : My
goodness! It's a serious problem.
Bertrand : How
do you know this news?
Atria : Well,
I had a chance to read newspaper this morning.
Bertrand : Wish
I could do something for her. Do you think her fans will be disappointed?
Atria : Yes,
of course.
Louis : I
will be disappointed, too. But, due to her illness, I think she'd better take
some rest.
Bertrand : You
are right, Louis. I like her very much and I want her get better soon.
Atria : Just
hope she will be better soon.
Questions:
1. How
many persons are there in the dialog?
|
6 jam
pelajaran
|
1. Buku bahasa Inggris kelas X.
2. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris
kelas X.
3. Script percakapan bahasa Inggris
kelas X.
|
Karakter peserta didik yang diharapkan:
Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu,
gemar membaca, kreatif.
Standar Kompetensi : Berbicara
10. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk narrative,
descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
10.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks
lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dl.) resmi dan
tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive, dan news item.
|
Teks
fungsional pendek berbentuk:
· Invitation
· Announcement
· Notes
|
1. Menyusun teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes secara lisan.
2. Mempresentasikan teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes secara lisan.
3. Memahami tata bahasa dalam teks fungsional
pendek berbentuk invitation,
announcement, dan notes.
|
1. Membuat teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes secara lisan.
2. Merespon teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes secara lisan.
3. Menggunakan tata bahasa dalam teks fungsional
pendek berbentuk invitation,
announcement, dan notes dengan benar.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Praktik uji
petik
Isian
Uraian
|
Work in pairs!
Write an advertisement in English. You are free to choose what you are advertised,
it can be a product, service, or an event. Make it as interesting as possible
and then read it in front of the class. Your friend will give comments on
your advertisement!
|
6 jam
pelajaran
|
1. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris
kelas X.
2. Teks fungsional pendek.
|
Karakter peserta didik yang diharapkan:
Rasa ingin, disiplin, bersahabat/komunikatif, kreatif, gemar membaca, kerja
keras, tanggung jawab.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
10.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive, dan news item.
|
Teks lisan berbentuk:
·
Narrative
·
Descriptive
·
News item
|
1.
Menyusun teks
monolog berbentuk narrative,
descriptive, dan
news item.
2. Memahami makna gagasan teks monolog berbentuk narrative,
descriptive, dan
news item.
3. Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks secara lisan.
|
1. Melakukan monolog dengan teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
2. Mengidentifikasi makna gagasan teks monolog
berbentuk narrative,
descriptive, dan
news item.
3. Merespon pertanyaan tentang makna gagasan teks secara
lisan.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Praktik uji
petik
Isian
Uraian
|
What does the
text talk about?
|
6 jam
pelajaran
|
1. Buku bahasa Inggris kelas X.
2. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris
kelas X.
|
Karakter peserta didik yang diharapkan:
Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu,
gemar membaca, kreatif.
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami
makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative,
descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk
mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek
(misalnya pengumuman, iklan, undangan dan lain-lain.) resmi dan tak resmi
secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Teks
fungsional pendek berbentuk:
·
Invitation
·
Announcement
·
Notes
|
1. Membaca nyaring teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan news item dengan lafal dan intonasi yang benar.
2. Memahami informasi dalam teks berbentuk invitation,
announcement, dan
news item
3. Memahami bentuk dan tata bahasa yang digunakan dalam teks invitation, announcement, dan news item.
|
1.
Membaca
nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar.
2.
Mengidentifikasi
informasi dalam teks berbentuk invitation,
announcement, dan
news item
3.
Mengidentifikasi
bentuk dan tata bahasa dalam teks invitation,
announcement, dan
news item.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Praktik uji
petik
Uraian
|
Read
the text below carefully!
Gua
Tabuhan Is a Lively Unique Cave
In the cave, Nyi (Mrs.) Kamiyem and Ki (Mr.) Padmo
sit on a big stone. Nyi Kamiyem will sing a song and Ki Padmo will beat the
drum. Joining them are people called wiyogo which are drummers and other
gamelan musicians.
What makes this unique is that they mix gamelan with
the sounds of nature. The visitors dance, forgetting all problems.
Many tourists go to this cave. Maybe you are
interested in going there too but you don't know where it is. Gua Tabuhan is
located near Pacitan in East Java. It is
situated in a lime hill called Tapan, in Tabuhan, Wareng village. The route
is easy. Along the road there is beautiful tropical scenery to enjoy rice
fields, coconut-palms and birds.
East of the cave peddlers sell souvenirs. The drink
and food peddlers are on the north side. People sell agates on the cave
terraces. Somehow, it is like a fair.
It is said that the cave is the only place where
nature produces sounds like the music of gamelan. Nyi Kamiyem, a well-known
pesinden (traditional Javanese singer) from the village of Gabuhan,
who often sings in the cave, does not doubt anything.
Gua Tabuhan did not use to welcome visitors. According
to Kartowiryo (90), village elder, Gua Tabuhan used to be a hiding place for
robbers. It was believed to be a sacred place. No one dared go inside.
However, Wedana (chief of a district) Kertodiprojo, went to the cave to find
out what was wrong. He found out that the cave was inhabited by the annoying
evil spirits. The people chased the spirits away.
The cave is dark, so people need lights, and a local
guide will lead the way. Sometimes visitors bump their heads against the
sharp rocks on the ceiling.
Inside the cave there is a plain big stone which is
believed to be the prayer mat of Pangeran Diponegoro, one of the Indonesian
heroes who fought against the Dutch. It is said that Pangeran Diponegoro used
to seclude himself in the cave. Some people now use the place for meditation.
There is a stream in the cave, in the east corner,
which can only be seen outside. However, it can be heard from inside.
Besides the cave, Watukarang, a beach nearby, is good
to visit. By the way, do you want different souvenirs? You can find them in
Donorodjo village where agate craftsman work. So, have a nice journey.
|
6 jam
pelajaran
|
1. Buku bahasa Inggris kelas X.
2. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris
kelas X.
|
Karakter peserta didik yang diharapkan:
Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
11.2 Merespon makna dan langkah-langkah retorika
dalam esei sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks
berbentuk narrative, descriptive, dan
news item.
|
Teks
berbentuk:
·
Narrative
·
Descriptive
·
News item
|
-
Membaca
nyaring bermakna teks berbentuk narrative,
descriptive, dan
news item dengan lafal dan intonasi yang benar.
-
Mendiskusikan
langkah retorika teks berbentuk narrative,
descriptive, dan
news item.
-
Mendiskusikan main
idea dalam wacana.
-
Mendiskusikan tujuan komunikatif teks yang dibaca.
-
Mendiskusikan
urutan peristiwa dalam teks.
-
Mendiskusikan tokoh
dari cerita yang dibaca.
|
-
Membaca nyaring
bermakna teks berbentuk narrative,
descriptive, dan
news item dengan baik.
-
Mengidentifikasi
langkah retorika dalam teks.
-
Mengidentifikasi main
idea dalam wacana.
-
Mengidentifikasi
tujuan komunikatif teks yang dibaca.
-
Mengidentifikasi
urutan peristiwa dalam teks.
-
Mengidentifikasi
tokoh dari cerita yang dibaca.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Praktik uji
petik
Pilihan ganda
|
The main idea
of the first paragraph is ....
a. Why
the writer hates the cat.
b. When
the cat comes.
c. What
the writer likes the cat.
d. Why
the writer likes the Persian cat.
e. When
the watches TV.
|
6 jam
pelajaran
|
-
Buku
Bahasa Inggris kelas X.
-
Buku
Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
|
Karakter peserta didik yang diharapkan:
Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, gemar membaca,
rasa ingin tahu, kreatif.
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk
narrative, descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis
fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll) resmi dan tak
resmi secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa
tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
1.
Teks
fungsional pendek berbentuk:
·
Invitation
·
Announce-ment
·
Notes
2. Grammar:
·
Present progressive
·
Direct and indirect speech
·
Adjectives order
·
Passive voice
|
1. Menulis teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan news item
2. Menggunakan kalimat present progressive dalam teks yang tepat.
3. Menulis direct dan indirect speech
serta passive voice.
4. Memahami penggunaan adjectives order.
|
1.
Membuat teks
fungsional pendek berbentuk invitation,
announcement, dan
news item.
2.
Menggunakan kalimat
present
progressive dengan tepat.
3.
Menggunakan direct
dan indirect speech serta passive voice dengan tepat.
4.
Menggunakan adjectives order pada kalimat dengan tepat.
|
Tes tertulis
|
Isian
Uraian
|
Put the adjectives in brackets in the correct position!
1. black
gloves (leather)
2. an
American film (old/interesting)
|
6 jam
pelajaran
|
1. Buku Bahasa Inggris kelas X.
2. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris
kelas X.
|
Karakter peserta didik yang diharapkan:
Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu,
gemar membaca, kreatif.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika
dalam esei sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news
item.
|
Teks berbentuk:
·
Narrative
·
Descriptive
· News item
|
1. Menulis gagasan utama teks narrative,
descriptive, dan
news item.
2. Mengelaborasi gagasan utama teks narrative,
descriptive, dan
news item.
3. Membuat teks berbentuk narrative,
descriptive, dan
news item.
|
1.
Mengidentifikasi
gagasan utama teks narrative,
descriptive, dan
news item.
2.
Mengelaborasi
gagasan utama teks narrative,
descriptive, dan
news item.
3.
Menghasilkan teks
berbentuk narrative,
descriptive, dan
news item.
|
Tes tertulis
|
Pilihan ganda
|
Find a narrative story in the magazine, newspaper, or
internet! You are free to choose the story, however, it will be better to
pick a story which is rarely known by your friends. Analyze the generic
structure of the story and try to retell the story on the next meeting!
|
6 jam pelajaran
|
1. Buku bahasa Inggris kelas X.
2. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris
kelas X.
|
Karakter peserta didik yang diharapkan:
Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu,
gemar membaca, kreatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar