Nama Sekolah
:
Mata Pelajaran
: Bahasa
Inggris
Kelas : XI
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal (bersosialisasi)
resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan
perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran
ini, peserta didik mampu:
1. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan sikap terhadap
sesuatu.
2. Merespon ungkapan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu.
3. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan cinta.
4. Merespon ungkapan tindak tutur menyatakan perasaan cinta.
5. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan sedih.
6. Merespon ungkapan tindak tutur menyatakan perasaan sedih.
Karakter peserta didik yang diharapkan: jujur, mandiri, kerja keras.
D. Materi Pembelajaran
Percakapan singkat menggunakan
tindak tutur:
• Menyatakan
sikap terhadap sesuatu:
- Personally...
- In my case...
• Menyatakan
perasaan cinta:
- I have a crush on you.
- I adore ...
• Menyatakan
perasaan sedih:
- I'm sad about ...
- I'm sorry about ...
E. Metode Pembelajaran
Three-phase technique
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
1. Mengawali pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan pretest review untuk mengulang kembali pelajaran
yang telah lalu secara sekilas;
2. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming)
tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran,
dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran listening;
6. Mengulas singkat tentang tindak tutur menyatakan sikap terhadap
sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih;
7. Meminta siswa untuk memberikan respon yang sesuai dengan tindak
tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan
menyatakan perasaan sedih; dan
8. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium
atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1. Membahas ungkapan yang terkait dengan tindak tutur menyatakan
sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan
sedih.
2. Mendengarkan percakapan yang terkait dengan materi.
3. Menjawab/merespon pertanyaan tentang percakapan yg didengar.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan,
tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
peserta didik melalui berbagai sumber,
3. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh
pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
a. Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
b. Membantu menyelesaikan
masalah;
c. Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
d. Memberi informasi
untuk bereksplorasi lebih jauh;
e. Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
1. Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber Belajar
1. Rekaman kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas XI.
2. Buku bahasa Inggris kelas XI.
3. Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
1. Mengidentifikasi
makna tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu.
2. Merespon
ungkapan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu.
3. Mengidentifikasi makna tindak
tutur menyatakan
perasaan cinta.
4. Merespon ungkapan tindak tutur menyatakan perasaan
cinta.
5. Mengidentifikasi makna tindak
tutur menyatakan
perasaan sedih.
6. Merespon ungkapan tindak tutur menyatakan perasaan
sedih.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Praktik
Isian
|
Complete the
dialogue while you are listening!
Olive : I love you, Farih!
Farih : (1) ______!
Olive : How much do you love me?
Farih : A lot. (2) ______.
Olive : Why do you love me so
much?
Farih : You are kind, you’re
pretty. (3) ______.
Olive : Don’t stop! Tell me
more!
Farih : I... I can’t explain it.
(4) ______.
Olive : And I love you more than
anyone in the world.
Farih : Can I ask you a
question?
Olive : Sure.
|
Format Kriteria
Penilaian
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal)×10
Untuk peserta didik yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
..............,
........................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
____________ ____________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar