Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : .................................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
: X
Semester : Genap
Alokasi
Waktu : 6 jam pelajaran
A. Standar
Kompetensi
Berbicara
9. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
9.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan
menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1. Menggunakan
tindak tutur berterima kasih dalam percakapan dengan baik.
2. Menggunakan
tindak tutur memuji dalam percakapan dengan baik.
3. Menggunakan
tindak tutur mengucapkan selamat dalam percakapan dengan baik.
4. Melakukan
percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras,
bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca,
kreatif.
D. Materi
Pembelajaran
Percakapan
singkat menggunakan tindak tutur:
• Berterimakasih:
- Thank
you.
- Thanks.
• Memuji:
- Nice
dress.
- Good
job.
• Mengucapkan
selamat:
- Congratulation.
- Happy
birthday.
E. Metode
Pembalajaran
Three-phase
technique
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
• Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan
pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara
sekilas;
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran speaking;
6. Mendengarkan
penjelasan guru dalam grammar practice dan mengaplikasikannya secara lisan
7. Mengulas
singkat tentang tindak tutur berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
8. Meminta
siswa untuk mempraktikkan percakapan (tanya jawab) secara berpasangan dengan
tindak tutur berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat, dan
9. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
• Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
1. Bermain
peran menggunakan tindak tutur berterima kasih.
2. Bermain
peran menggunakan tindak tutur memuji.
3. Bermain
peran menggunakan tindak tutur mengucapkan selamat.
4. Menyusun
dialog berdasarkan situasi.
• Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber.
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan.
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
- Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
- Membantu
menyelesaikan masalah.
- Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
- Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
- Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
akhir
Dalam
kegiatan penutup, guru:
1. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber
Belajar
1. Buku
bahasa Inggris kelas X.
2. Buku
Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
3. Script
percakapan
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1. Menggunakan tindak tutur berterima kasih dalam percakapan dengan baik.
2. Menggunakan tindak tutur memuji dalam percakapan
dengan baik.
3. Menggunakan tindak tutur mengucapkan selamat dalam percakapan dengan baik.
4. Melakukan percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang
berterima.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Praktik bermain
peran
Isian
Uraian
|
Practice the
dialogue below!
Cecil : You look cute with
that hat.
Genta : Thank you for saying so.
By the way, I heard from John that you won two free tickets to watch 'The
Ultimate Spiderman' in the cinema. Congratulations!
Cecil : Thank you. I joined a
quiz in the radio and I won it.
Genta : That's great. What
would you do with the tickets?
Cecil : Well, actually I'm
going to ask you to go with me to watch the movie. Shall we?
Genta : Really? I'd love to.
Cecil : So, can you pick me up
at 7 tomorrow evening?
Genta : Of course. I'll be there
on time.
Cecil : I'll be waiting for
you.
|
Format Kriteria
Penilaian
• Produk (Hasil Diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
• Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktik
Sikap
|
*
aktif
*
cukup aktif
*
kurang aktif
*
baik
*
cukup baik
*
kurang baik
|
3
2
1
3
2
1
|
• Lembar Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah
skor : jumlah skor maksimal) x 10.
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM
maka diadakan remedial.
Mengetahui, ......,
........................................
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
–––––––––––––––––––––––– ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar