Halaman

Minggu, 19 Mei 2013

RPP Bahasa Inggris kelas 10 Semester Genap Tahun Ajaran 2012 / 2013 Bagian 5



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah       :   .................................................
Mata Pelajaran       :   Bahasa Inggris
Kelas                      :   X
Semester                :   Genap
Alokasi Waktu       :   6 jam pelajaran


A.     Standar Kompetensi
         Berbicara
9.      Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B.     Kompetensi Dasar
9.1    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
C.     Tujuan Pembelajaran
         Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1.      Menggunakan tindak tutur berterima kasih dalam percakapan dengan baik.
2.      Menggunakan tindak tutur memuji dalam percakapan dengan baik.
3.      Menggunakan tindak tutur mengucapkan selamat dalam percakapan dengan baik.
4.      Melakukan percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
         Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif.
D.     Materi Pembelajaran
         Percakapan singkat menggunakan tindak tutur:
        Berterimakasih:
-       Thank you.
-       Thanks.
        Memuji:
-       Nice dress.
-       Good job.
        Mengucapkan selamat:
-       Congratulation.
-       Happy birthday.
E.     Metode Pembalajaran
         Three-phase technique
F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
         Kegiatan Awal
1.      Mengawali pelajaran dengan berdoa.
2.      Apersepsi dan motivasi.
         Kegiatan Inti
                 Eksplorasi
                  Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Mengadakan pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara sekilas;
2.      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran speaking;
6.      Mendengarkan penjelasan guru dalam grammar practice dan mengaplikasikannya secara lisan
7.      Mengulas singkat tentang tindak tutur berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
8.      Meminta siswa untuk mempraktikkan percakapan (tanya jawab) secara berpasangan dengan tindak tutur berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat, dan
9.      Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
                 Elaborasi
                  Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1.      Bermain peran menggunakan tindak tutur berterima kasih.
2.      Bermain peran menggunakan tindak tutur memuji.
3.      Bermain peran menggunakan tindak tutur mengucapkan selamat.
4.      Menyusun dialog berdasarkan situasi.
                 Konfirmasi
                  Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3.      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
4.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
-        Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
-        Membantu menyelesaikan masalah.
-        Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
-        Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
-        Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
         Kegiatan akhir
         Dalam kegiatan penutup, guru:
1.      Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G.     Sumber Belajar
1.      Buku bahasa Inggris kelas X.
2.      Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
3.      Script percakapan
H.     Penilaian

Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1. Menggunakan tindak tutur berterima kasih dalam percakapan dengan baik.
2. Menggunakan tindak tutur memuji dalam percakapan dengan baik.
3. Menggunakan tindak tutur mengucapkan selamat dalam percakapan dengan baik.
4. Melakukan percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
Tes lisan


Tes tulis
Praktik bermain peran

Isian
Uraian
Practice the dialogue below!
Cecil     :   You look cute with that hat.
Genta   :   Thank you for saying so. By the way, I heard from John that you won two free tickets to watch 'The Ultimate Spiderman' in the cinema. Congratulations!
Cecil     :   Thank you. I joined a quiz in the radio and I won it.
Genta   :   That's great. What would you do with the tickets?
Cecil     :   Well, actually I'm going to ask you to go with me to watch the movie. Shall we?
Genta   :   Really? I'd love to.
Cecil     :   So, can you pick me up at 7 tomorrow evening?
Genta   :   Of course. I'll be there on time.
Cecil     :   I'll be waiting for you.
         Format Kriteria Penilaian      
                 Produk (Hasil Diskusi)
                 
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

                 Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.

Praktik


Sikap
* aktif
* cukup aktif
* kurang aktif
* baik
* cukup baik
* kurang baik
3
2
1
3
2
1
                 
        

       Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






                 


         Catatan:
         Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10.
         Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.


Mengetahui,                                                                                                       ......, ........................................
Kepala Sekolah                                                                                                          Guru Mapel Bahasa Inggris



––––––––––––––––––––––––                                                                            ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK.                                                                                                              NIP/NIK.

Tidak ada komentar: