Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas :
XI
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar
Kompetensi
Berbicara
10. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
10.1 Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek resmi
dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik
mampu:
1. Menyampaikan
teks fungsional pendek secara lisan.
2. Merespon
teks fungsional pendek yang disampaikan
secara lisan.
3. Menggunakan
tata bahasa dalam teks fungsional pendek yang dibahas dengan benar.
Karakter peserta didik yang diharapkan: tanggung jawab, kreatif, kerja keras,
bersahabat/komunikatif.
D. Materi
Pembelajaran
Teks fungsional pendek.
E. Metode
Pembalajaran
Three-phase technique.
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan pretest
review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara sekilas;
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming)
tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran speaking;
6. Mendengarkan
penjelasan guru dalam grammar practice dan mengaplikasikannya secara
lisan
7. Mengulas
singkat tujuan komunikatif dan informasi dalam teks fungsional pendek.
8. Meminta
siswa untuk mempraktikkan percakapan (tanya jawab) secara berpasangan sesuai
dengan teks fungsional pendek yang dibahas; dan
9. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1. Menyusun
teks fungsional pendek dengan benar.
2. Mempresentasikan
teks fungsional pendek secara lisan.
3. Memahami
tata bahasa dalam teks fungsional pendek yang dibahas.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
• Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
• Membantu
menyelesaikan masalah;
• Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
• Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
• Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
1. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber
Belajar
1. Buku bahasa
Inggris kelas XI.
2. Buku Simpati
SMA Bahasa Inggris kelas XI.
3. Teks
fungsional pendek.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
1. Menyampaikan
teks fungsional pendek secara lisan.
2. Merespon
teks fungsional pendek yang disampaikan
secara lisan.
3. Menggunakan
tata bahasa dalam teks fungsional pendek yang dibahas dengan benar.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Praktik
Isian
|
Read the text
below carefully then try to retell it in front of the class!
The Story of
Jonah
Once upon a time there was a village in
North Israel. All the people lived peacefully there. One of them was Jonah.
Jonah lived with his parents. They loved him very much.
In the north of Israel was Syria. It had
powerful knights. They were very cruel and liked to invade other countries.
One night
when the people of Jonah’s village were sleeping, the Syrian knights attacked
his village. They burned down the houses. One of them threw a torch into
Jonah’s house. Jonah’s house was on fire.
|
Format
Kriteria Penilaian
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal)×10
Untuk peserta didik yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
..............,
........................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
____________ ____________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar