Halaman

Jumat, 24 Mei 2013

RPP Bahasa Inggris kelas 11 Semester Genap Tahun Ajaran 2012 / 2013 Bagian 7



Nama Sekolah      :
Mata Pelajaran      :      Bahasa Inggris
Kelas                     :      XI
Semester               :      Genap
Alokasi Waktu      :      2 jam pelajaran

A.   Standar Kompetensi
      Berbicara
10.        Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari. 
B.   Kompetensi Dasar
10.1  Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1.   Menyampaikan teks fungsional pendek secara lisan.
2.   Merespon teks fungsional pendek yang disampaikan  secara lisan.
3.   Menggunakan tata bahasa dalam teks fungsional pendek yang dibahas dengan benar.
Karakter peserta didik yang diharapkan: tanggung jawab, kreatif, kerja keras, bersahabat/komunikatif.
D.   Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek.
E.   Metode Pembalajaran
Three-phase technique.
F.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
      Kegiatan Awal
1.   Mengawali pelajaran dengan berdoa.
2.   Apersepsi dan motivasi.
      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.   Mengadakan pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara sekilas;
2.   Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3.   Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4.   Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5.   Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran speaking;
6.   Mendengarkan penjelasan guru dalam grammar practice dan mengaplikasikannya secara lisan
7.   Mengulas singkat tujuan komunikatif dan informasi dalam teks fungsional pendek.
8.   Meminta siswa untuk mempraktikkan percakapan (tanya jawab) secara berpasangan sesuai dengan teks fungsional pendek yang dibahas; dan
9.   Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1.   Menyusun teks fungsional pendek dengan benar.
2.   Mempresentasikan teks fungsional pendek secara lisan.
3.   Memahami tata bahasa dalam teks fungsional pendek yang dibahas.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.   Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2.   Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3.   Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4.   Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
     Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
     Membantu menyelesaikan masalah;
     Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
     Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
     Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
      Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
1.   Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.   Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.   Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.   Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5.   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber Belajar
1.   Buku bahasa Inggris kelas XI.
2.   Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
3.   Teks fungsional pendek.


H.   Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.   Menyampaikan teks fungsional pendek secara lisan.
2.   Merespon teks fungsional pendek yang disampaikan  secara lisan.
3.   Menggunakan tata bahasa dalam teks fungsional pendek yang dibahas dengan benar.
Tes lisan

Tes tulis
Praktik

Isian
Read the text below carefully then try to retell it in front of the class!
The Story of Jonah
    Once upon a time there was a village in North Israel. All the people lived peacefully there. One of them was Jonah. Jonah lived with his parents. They loved him very much.
    In the north of Israel was Syria. It had powerful knights. They were very cruel and liked to invade other countries.
     One night when the people of Jonah’s village were sleeping, the Syrian knights attacked his village. They burned down the houses. One of them threw a torch into Jonah’s house. Jonah’s house was on fire.

      Format Kriteria Penilaian

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

      Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
3
2
1
2.
Sikap
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1

      Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap












Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal)×10
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.



                                                                                                                        .............., ........................................

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                             Guru



____________                                                                                                ____________
NIP.                                                                                                                 NIP.

Tidak ada komentar: