Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : .................................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
: X
Semester : Genap
Alokasi
Waktu : 6 jam pelajaran
A. Standar
Kompetensi
Menulis
12. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative,
descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
12.2 Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative,
descriptive, dan news item.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1. Mengidentifikasi
gagasan utama teks narrative, descriptive, dan news item.
2. Mengelaborasi
gagasan utama teks narrative, descriptive, dan news item.
3. Menghasilkan
teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras,
bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif.
D. Materi
Pembelajaran
Teks
berbentuk:
• Narrative
• Descriptive
• News
item
E. Metode
Pembelajaran
Three-phase
technique
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
• Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan
pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara
sekilas;
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang topik/tema
materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran writing;
6. Meminta
siswa mengidentifikasi tujuan komunikatif dan gagasan utama dari teks
narrative, descriptive, dan news item.;
7. Meminta
siswa mengelaborasi gagasan utama dari tiap-tiap teks yang dibahas;
8. Meminta
siswa mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks narrative,
descriptive, dan news item;
9. Meminta
siswa mengidentifikasi karakterisasi dari teks narrative;
10. Meminta
siswa untuk menulis kalimat-kalimat sederhana dalam bahasa Inggris yang benar;
dan
11. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
• Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
1. Menulis
gagasan utama teks narrative, descriptive, dan news item.
2. Mengelaborasi
gagasan utama teks narrative, descriptive, dan news item.
3. Membuat
teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
• Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
- Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- Membantu
menyelesaikan masalah;
- Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
- Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
1. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber
Belajar
1. Buku
Bahasa Inggris kelas X.
2. Buku
Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1.
Mengidentifikasi gagasan utama teks narrative, descriptive, dan news item.
2.
Mengelaborasi gagasan utama teks narrative, descriptive, dan news item.
3.
Menghasilkan teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
|
Tes tertulis
|
Isian
Uraian
|
Find a narrative story in the
magazine, newspaper, or internet! You are free to choose the story, however,
it will be better to pick a story which is rarely known by your friends.
Analyze the generic structure of the story and try to retell the story on the
next meeting!
|
Format
Kriteria Penilaian
• Produk (Hasil Diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
• Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktik
Sikap
|
*
aktif
*
cukup aktif
*
kurang aktif
*
baik
*
cukup baik
*
kurang baik
|
3
2
1
3
2
1
|
• Lembar Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah
skor : jumlah skor maksimal) x 10.
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM
maka diadakan remedial.
Mengetahui, ......,
........................................
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa
Inggris
–––––––––––––––––––––––– ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar