Minggu, 19 Mei 2013

RPP Bahasa Inggris kelas 10 Semester Genap Tahun Ajaran 2012 / 2013 Bagian 6



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah       :   .................................................
Mata Pelajaran       :   Bahasa Inggris
Kelas                      :   X
Semester                :   Genap
Alokasi Waktu       :   6 jam pelajaran


A.     Standar Kompetensi
         Berbicara
9.      Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B.     Kompetensi Dasar
9.2    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
C.     Tujuan Pembelajaran
         Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1.      Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa terkejut dalam percakapan dengan baik.
2.      Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya dalam percakapan dengan baik.
3.      Menggunakan tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan ajakan dalam percakapan dengan baik.
4.      Melakukan percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.     
         Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif.
D.     Materi Pembelajaran
         Percakapan singkat menggunakan tindak tutur:
        Menyatakan rasa terkejut:
         -       What a surprise!
        Menyatakan rasa tak percaya:
         -       You must be joking.
        Menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
         -       Would you like to come to my party?
         -       I'd love to.
E.     Metode Pembelajaran
         Three-phase technique.
F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
         Kegiatan Awal
1.      Mengawali pelajaran dengan berdoa.
2.      Apersepsi dan motivasi.
         Kegiatan Inti
                 Eksplorasi
                  Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Mengadakan pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara sekilas;
2.      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran speaking;
6.      Mengulas singkat tentang tindak tutur menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
7.      Meminta siswa untuk memberikan respon yang sesuai dengan mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi;
8.      Meminta siswa untuk mempraktikkan percakapan (tanya jawab) secara berpasangan dengan tindak tutur mengungkapkan menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan; dan
9.      Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
                 Elaborasi
                  Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1.      Bermain peran menggunakan tindak tutur menyatakan rasa terkejut.
2.      Bermain peran menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
3.      Bermain peran menggunakan tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
4.      Menyusun dialog berdasarkan situasi.
                 Konfirmasi
                  Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3.      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
-        Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
-        Membantu menyelesaikan masalah;
-        Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
-        Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
-        Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
         Kegiatan akhir
         Dalam kegiatan akhir, guru:
1.      bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5.      menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G.     Sumber Belajar
1.      Buku bahasa Inggris kelas X.
2.      Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
3.      Script percakapan
H.     Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1. Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa terkejut dalam percakapan dengan baik.
2. Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya dalam percakapan dengan baik.
3. Menggunakan tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan ajakan dalam percakapan dengan baik.
4. Melakukan percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
Tes lisan

Tes tertulis
Bermain peran

Isian
Situation: Atria, Bertrand, and Louis are chatting outside the class.
Atria          :   Have you heard the news?
Louis        :   No. What news?
Atria          :   Your favorite singer, Taylor Swift, cancelled her four tours due to her illness.
Bertrand   :   Are you kidding?
Louis        :   To my surprise she never cancels any concert because of illness before.
Bertrand   :   What happened?
Atria          :   She got bronchitis. Her doctors told her that she could not perform in three shows in America.
Louis        :   My goodness! It's a serious problem.
Bertrand   :   How do you know this news?
Atria          :   Well, I had a chance to read newspaper this morning.
Bertrand   :   Wish I could do something for her. Do you think her fans will be disappointed?
Atria          :   Yes, of course.
Louis        :   I will be disappointed, too. But, due to her illness, I think she'd better take some rest.
Bertrand   :   You are right, Louis. I like her very much and I want her get better soon.
Atria          :   Just hope she will be better soon.
Questions:
1.   How many persons are there in the dialog?
         Format Kriteria Penilaian      
                 Produk (Hasil Diskusi)
                 
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

        


        Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.

Praktik


Sikap
* aktif
* cukup aktif
* kurang aktif
* baik
* cukup baik
* kurang baik
3
2
1
3
2
1
                 
        
                 Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






                 


         Catatan:
         Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10.
         Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.


Mengetahui,                                                                                                       ......, ........................................
Kepala Sekolah                                                                                                          Guru Mapel Bahasa Inggris



––––––––––––––––––––––––                                                                            ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK.                                                                                                              NIP/NIK.

1 komentar:

Endar Early mengatakan...

Thanks my teacher