Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : .................................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
: X
Semester : Genap
Alokasi
Waktu : 6 jam pelajaran
A. Standar
Kompetensi
Berbicara
10. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk narrative,
descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
10.1 Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan,
undangan dan lain-lain.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
dalam teks berbentuk: narrative, descriptive, dan news item.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1. Membuat
teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes secara
lisan.
2. Merespon
teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes secara
lisan.
3. Menggunakan
tata bahasa dalam teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement,
dan notes dengan benar.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: Rasa ingin, disiplin,
bersahabat/komunikatif, kreatif, gemar membaca, kerja keras, tanggung jawab.
D. Materi
Pembelajaran
Teks fungsional pendek berbentuk:
• Invitation
• Announcement
• Notes
E. Metode
Pembalajaran
Three-phase
technique
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
• Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan
pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara
sekilas.
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber.
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran speaking.
6. Mendengarkan
penjelasan guru dalam grammar practice dan mengaplikasikannya secara lisan.
7. Mengulas
singkat tujuan komunikatif dan informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk
iklan, pengumuman, dan pesan singkat.
8. Meminta
siswa untuk mempraktikkan percakapan (tanya jawab) secara berpasangan sesuai
dengan teks fungsional pendek yang dibahas.
9. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
• Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
1. Menyusun
teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes secara
lisan.
2. Mempresentasikan
teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes secara
lisan.
3. Memahami
tata bahasa dalam teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement,
dan notes.
• Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
- Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- Membantu
menyelesaikan masalah;
- Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
- Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
1. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber
Belajar
1. Buku
bahasa Inggris kelas X.
2. Buku
Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
3. Teks
fungsional pendek.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1. Membuat teks
fungsional pendek berbentuk invitation,
announcement, dan notes secara lisan.
2. Merespon teks
fungsional pendek berbentuk invitation,
announcement, dan notes secara lisan.
3. Menggunakan tata bahasa dalam teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan notes dengan
benar.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Praktik
Isian
Uraian
|
Work in pairs! Write an advertisement
in English. You are free to choose what you are advertised, it can be a
product, service, or an event. Make it as interesting as possible and then
read it in front of the class. Your friend will give comments on your
advertisement!
|
Format
Kriteria Penilaian
• Produk (Hasil Diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
• Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktik
Sikap
|
*
aktif
*
cukup aktif
*
kurang aktif
*
baik
*
cukup baik
*
kurang baik
|
3
2
1
3
2
1
|
• Lembar Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah
skor : jumlah skor maksimal) x 10.
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM
maka diadakan remedial.
Mengetahui, ......,
........................................
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
–––––––––––––––––––––––– ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar