Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas :
XI
Semester :
Genap
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran
A. Standar
Kompetensi
Menulis
12. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
12.2 Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory
exposition.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik
mampu:
1. Mengidentifikasi
gagasan utama teks narrative, spoof, dan hortatory exposition.
2. Mengelaborasi
gagasan utama teks narrative, spoof, dan hortatory exposition.
3. Menghasilkan
teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
Karakter peserta didik yang diharapkan: disiplin, tanggung jawab,
kreatif, kerja keras.
D. Materi
Pembelajaran
Teks
berbentuk
• Narrative
• Spoof
• Hortatory
exposition
E. Metode
Pembelajaran
Three-phase technique.
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan
pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara
sekilas;
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming)
tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran writing;
6. Mengulas
singkat tentang teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory
exposition;
7. Meminta
siswa untuk mengidentifikasi tujuan komunikatif dan gagasan utama dari teks
berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition;
8. Meminta
siswa untuk menyusun teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory
exposition; dan
9. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1. Menulis
gagasan utama teks narrative, spoof, dan hortatory exposition.
2. Mengelaborasi
gagasan utama teks narrative, spoof, dan hortatory exposition.
3. Membuat
teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
· Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
· Membantu
menyelesaikan masalah;
· Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
· Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
· Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
1. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber
Belajar
1. Buku
bahasa Inggris kelas XI.
2. Buku
Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
1. Mengidentifikasi
gagasan utama teks narrative, spoof, dan hortatory exposition.
2. Mengelaborasi
gagasan utama teks narrative, spoof, dan hortatory exposition.
3. Menghasilkan
teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Praktik
Isian
|
Follow
the instructions to prepare to write a spoof text!
• Think
of a funny incident that happened to you.
• Here
are some questions to help you add necessary and interesting information to
your story.
1. Who
was involved in your story?
2. Where
did it happen?
3. When
did it happen?
4. What
are the important events in the story?
• Now
you are ready to use your notes to write your first draft.
• Follow
the rhetorical steps of spoof texts: orientation, events, and twist.
|
Format
Kriteria Penilaian
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar Penilaian
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah skor
maksimal)×10
Untuk peserta didik
yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
..............,
........................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
____________ ____________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar