Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas :
XI
Semester :
Genap
Alokasi Waktu :
1 jam pelajaran
A. Standar
Kompetensi
Berbicara
10. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
10.2 Mengungkapkan
makna dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan
hortatory exposition.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta
didik mampu:
1. Menyusun
teks monolog berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
2. Memahami
makna gagasan teks monolog berbentuk narrative, spoof, dan hortatory
exposition.
3. Menjawab
pertanyaan tentang makna gagasan teks secara lisan.
Karakter peserta didik yang diharapkan: disiplin, kreatif, kerja
keras, bersahabat/komunikatif.
D. Materi
Pembelajaran
Teks lisan berbentuk:
• Narrative
• Spoof
• Hortatory
exposition
E. Metode
Pembelajaran
Three-phase technique.
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan
pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara
sekilas;
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming)
tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran speaking;
6. Mendengarkan
penjelasan guru dalam grammar practice dan mengaplikasikannya secara
lisan;
7. Mengulas
singkat tentang teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory
exposition.
8. Meminta
siswa untuk mengidentifikasi gagasan teks berbentuk report, narrative, dan
analytical exposition secara lisan; dan
9. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1. Menyusun
teks monolog berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
2. Memahami
makna gagasan teks monolog berbentuk narrative, spoof, dan hortatory
exposition.
3. Menjawab
pertanyaan tentang makna gagasan teks secara lisan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
a. Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
b. Membantu
menyelesaikan masalah;
c. Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
d. Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
e. Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
1. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber
Belajar
1. Buku
bahasa Inggris kelas XI.
2. Buku
Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
1. Melakukan
monolog dengan teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
2. Mengidentifikasi
makna gagasan teks monolog berbentuk narrative, spoof, dan hortatory
exposition.
3. Merespon
pertanyaan tentang makna gagasan teks secara lisan.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Praktik
Isian
|
Read the text below then retell it
with your own words in front of the class!
Soon
after he left college, Dave found one of his uncles who was very rich and had
no children of his own died and left him a lot of money, so he decided to set
up his own real estate agency.
Dave
found a nice office. He bought some new furniture and moved in. He had only
been there for a few hours when he heard someone coming toward the door of
his office.
“It
must be my first customer” Dave thought. He quickly picked up the telephone
and pretended to be very busy answering an important call from someone in New
York who wanted to buy a big and expensive house in the country.
|
Format
Kriteria Penilaian
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar Penilaian
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah skor
maksimal)×10
Untuk peserta didik
yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
..............,
........................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
____________ ____________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar