Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : .................................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
: X
Semester : Genap
Alokasi
Waktu : 6 jam pelajaran
A. Standar
Kompetensi
Membaca
11. Memahami
makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive,
dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses
ilmu pengetahuan.
B. Kompetensi
Dasar
11.2 Merespon
makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news
item.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1. Membaca
nyaring bermakna teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item dengan
baik.
2. Mengidentifikasi
langkah retorika dalam teks.
3. Mengidentifikasi
main idea dalam wacana.
4. Mengidentifikasi
tujuan komunikatif teks yang dibaca.
5. Mengidentifikasi
urutan peristiwa dalam teks.
6. Mengidentifikasi
tokoh dari cerita yang dibaca.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras,
bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, gemar membaca, rasa ingin tahu,
kreatif.
D. Materi
Pembelajaran
Teks
fungsional pendek berbentuk:
• Narrative
• Descriptive
• News
item
E. Metode
Pembelajaran
Three-phase
technique
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
• Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan
pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara
sekilas.
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber.
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran reading.
6. Meminta
siswa membaca teks dengan lafal, intonasi, dan tekanan yang benar.
7. Mengulas
singkat tentang teks narrative, descriptive, dan news item.
8. Meminta
siswa untuk mengidentifikasi tujuan komunikatif dan informasi dari teks
berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
9. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
• Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
1. Membaca
nyaring bermakna teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item dengan
lafal dan intonasi yang benar.
2. Mendiskusikan
langkah retorika teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
3. Mendiskusikan
main idea dalam wacana.
4. Mendiskusikan
tujuan komunikatif teks yang dibaca.
5. Mendiskusikan
urutan peristiwa dalam teks.
6. Mendiskusikan
tokoh dari cerita yang dibaca.
• Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
- Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- Membantu
menyelesaikan masalah;
- Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
- Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
• Kegiatan akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
1. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber
Belajar
1. Buku
Bahasa Inggris kelas X.
2. Buku
Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1. Membaca nyaring bermakna teks berbentuk narrative,
descriptive, dan news item dengan baik.
2. Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks.
3. Mengidentifikasi main idea dalam wacana.
4. Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks yang dibaca.
5. Mengidentifikasi urutan peristiwa dalam teks.
6. Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang dibaca.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Praktik
|
The main idea of the first
paragraph is ....
a. Why
the writer hates the cat.
b. When
the cat comes.
c. What
the writer likes the cat.
d. Why
the writer likes the Persian cat.
e. When
the watches TV.
|
Format
Kriteria Penilaian
• Produk (Hasil Diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
• Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktik
Sikap
|
*
aktif
*
cukup aktif
*
kurang aktif
*
baik
*
cukup baik
*
kurang baik
|
3
2
1
3
2
1
|
• Lembar Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah
skor : jumlah skor maksimal) x 10.
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM
maka diadakan remedial.
Mengetahui, ......,
........................................
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
–––––––––––––––––––––––– ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar