Halaman

Sabtu, 18 Mei 2013

RPP Bahasa Inggris kelas 10 Semester Genap Tahun Ajaran 2012 / 2013 Bagian 1



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah       :   .................................................
Mata Pelajaran       :   Bahasa Inggris
Kelas                      :   X
Semester                :   Genap
Alokasi Waktu       :   6 jam pelajaran

A.     Standar Kompetensi
         Mendengarkan
         7.      Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B.     Kompetensi Dasar
7.1    Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
C.     Tujuan Pembelajaran
         Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1.      Mengidentifikasi makna tindak tutur berterimakasih.
2.      Merespon ungkapan tindak tutur berterimakasih.
3.      Mengidentifikasi makna memuji.
4.      Merespon ungkapan tindak tutur memuji.
5.      Mengidentifikasi makna tindak tutur mengucapkan selamat.
6.      Merespon ungkapan tindak tutur mengucapkan selamat.
         Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif.
D.     Materi Pembelajaran
         Percakapan singkat menggunakan tindak tutur:
        Berterimakasih:
-       Thank you.
-       Thanks.
        Memuji:
-       Nice dress.
-       Good job.
        Mengucapkan selamat:
-       Congratulation.
-       Happy birthday.
E.     Metode Pembelajaran
         Three-phase technique
F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
         Kegiatan Awal
1.      Mengawali pelajaran dengan berdoa.
2.      Apersepsi dan motivasi.
         Kegiatan Inti
                 Eksplorasi
                  Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Mengadakan pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara sekilas;
2.      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran listening;
6.      Mengulas singkat tentang tindak tutur berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
7.      Meminta siswa untuk memberikan respon yang sesuai dengan tindak tutur berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat; dan
8.      Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
                 Elaborasi
                  Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1.      Membahas ungkapan yang terkait dengan tindak tutur berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
2.      Mendengarkan percakapan yang terkait dengan materi.
3.      Menjawab/merespon pertanyaan tentang percakapan yg didengar.
                 Konfirmasi
                  Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3.      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
-        Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
-        Membantu menyelesaikan masalah;
-        Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
-        Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
-        Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
         Kegiatan akhir
         Dalam kegiatan akhir, guru:
1.      Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G.     Sumber Belajar
1.      Rekaman kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas X.
2.      Buku bahasa Inggris kelas X.
3.      Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
H.     Penilaian
        
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1. Mengidentifikasi makna tindak tutur berterima kasih.
2. Merespon ungkapan tindak tutur berterima kasih.
3. Mengidentifikasi makna memuji.
4. Merespon ungkapan tindak tutur memuji.
5. Mengidentifikasi makna tindak tutur mengucapkan selamat.
6. Merespon ungkapan tindak tutur mengucapkan selamat.
Tes lisan

Tes tertulis

Praktik

Isian

Listen and answer the questions!
1.   What was the best achievement you got?
2.   How did people respond to your achievement? Did they congratulate you?
3.   What do you say when you want to congratulate someone?
4.   How do you respond to someone congratulations?            
5.   What do you say when you want to compliment someone?
6.   How do you respond to someone compliment?

         Format Kriteria Penilaian      
                 Produk (Hasil Diskusi)
                 
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

                 Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.

Praktik


Sikap
* aktif
* cukup aktif
* kurang aktif
* baik
* cukup baik
* kurang baik
3
2
1
3
2
1
                 
                 Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






                 

         Catatan:
         Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10.
         Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.



Mengetahui,                                                                                                      ......, ........................................
Kepala Sekolah                                                                                                          Guru Mapel Bahasa Inggris



––––––––––––––––––––––––                                                                            ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK.                                                                                                              NIP/NIK.

Tidak ada komentar: