Halaman

Senin, 20 Mei 2013

RPP Bahasa Inggris kelas 11 Semester Genap Tahun Ajaran 2012 / 2013 Bagian 6



Nama Sekolah      :
Mata Pelajaran      :      Bahasa Inggris
Kelas                     :      XI
Semester               :      Genap
Alokasi Waktu      :      2 jam pelajaran

A.   Standar Kompetensi
      Berbicara
9.   Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B.   Kompetensi Dasar
9.2.       Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel.
C.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1.   Menggunakan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu dalam percakapan dengan baik.
2.   Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan marah dalam percakapan dengan baik.
3.   Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel dalam percakapan dengan baik.
4.   Melakukan percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
Karakter peserta didik yang diharapkan: toleransi, bersahabat/komunikatif.
D.   Materi Pembelajaran
Percakapan singkat menggunakan tindak tutur:
     Menyatakan perasaan malu:
      -     I’m shy
      -     I feel embarrassed.
     Menyatakan perasaan marah:
      -     You’re nuts!
      -     You’re mad!
     Menyatakan perasaan jengkel:
      -     You drive me crazy!
      -     I’m very annoyed.
E.   Metode Pembelajaran
Three-phase technique.
F.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
      Kegiatan Awal
1.   Mengawali pelajaran dengan berdoa.
2.   Apersepsi dan motivasi.
      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.   Mengadakan pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara sekilas;
2.   Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3.   Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4.   Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5.   Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran speaking;
6.   Mengulas singkat tentang tindak tutur menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel;
7.   Meminta siswa untuk memberikan respon yang sesuai dengan tindak tutur menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel;
8.   Meminta siswa untuk mempraktikkan percakapan (tanya jawab) secara berpasangan dengan tindak tutur menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel; dan
9.   Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1.   Bermain peran menggunakan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu.
2.   Bermain peran menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan marah.
3.   Bermain peran menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel.
4.   Menyusun dialog berdasarkan situasi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.   Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2.   Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3.   Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4.   Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
·     Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·     Membantu menyelesaikan masalah;
·     Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
·     Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
·     Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
      Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
1.   bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.   melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.   memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.   merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5.   menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber Belajar
1.   Buku bahasa Inggris kelas XI.
2.   Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
3.   Script percakapan.
H.   Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.   Menggunakan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu dalam percakapan dengan baik.
2.   Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan marah dalam percakapan dengan baik.
3.   Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel dalam percakapan dengan baik.
4.   Melakukan percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
Tes lisan

Tes tulis
Praktik

Isian
Practice the dialogue then answer the questions!
Prabu    :   Hi Tegar, what happens? You look nervous.
Tegar   :   It’s nothing.
Prabu    :   Really? Your face tells me that something is going on.
Tegar   :   Yes, you’re right. Actually I’ve had an embarrassing experience.
Prabu    :   What is it?
Tegar   :   When I was on my way home, I saw an old lady trying to cross the street.
Prabu :     Why didn’t you help her to cross the street?
Tegar   :   I did. I helped her to cross the street.
Prabu    :   That’s great. So, why do you look nervous?
Tegar   :   Actually, she didn’t want to cross the street. She’s just looking for her shopping bag.

      Format Kriteria Penilaian

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

      Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
3
2
1
2.
Sikap
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1

      Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap












Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal)×10
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.



                                                                                                                        .............., ........................................

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                             Guru



____________                                                                                                ____________
NIP.                                                                                                                 NIP.

Tidak ada komentar: