Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas :
XI
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar
Kompetensi
Berbicara
9. Mengungkapkan
makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
(sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
9.2. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan
berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak
tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan
perasaan jengkel.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik
mampu:
1. Menggunakan
tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu dalam percakapan dengan baik.
2. Menggunakan
tindak tutur menyatakan perasaan marah dalam percakapan dengan baik.
3. Menggunakan
tindak tutur menyatakan perasaan jengkel dalam percakapan dengan baik.
4. Melakukan
percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
Karakter peserta didik yang diharapkan: toleransi, bersahabat/komunikatif.
D. Materi
Pembelajaran
Percakapan singkat menggunakan tindak tutur:
• Menyatakan
perasaan malu:
- I’m shy
- I feel embarrassed.
• Menyatakan
perasaan marah:
- You’re nuts!
- You’re mad!
• Menyatakan
perasaan jengkel:
- You drive me crazy!
- I’m very annoyed.
E. Metode
Pembelajaran
Three-phase technique.
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan pretest
review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara sekilas;
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming)
tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran speaking;
6. Mengulas
singkat tentang tindak tutur menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan
marah, dan menyatakan perasaan jengkel;
7. Meminta
siswa untuk memberikan respon yang sesuai dengan tindak tutur menyatakan
perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel;
8. Meminta
siswa untuk mempraktikkan percakapan (tanya jawab) secara berpasangan dengan
tindak tutur menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan
menyatakan perasaan jengkel; dan
9. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1. Bermain
peran menggunakan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu.
2. Bermain
peran menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan marah.
3. Bermain
peran menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel.
4. Menyusun
dialog berdasarkan situasi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
· Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
· Membantu
menyelesaikan masalah;
· Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
· Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
· Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
1. bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber
Belajar
1. Buku bahasa
Inggris kelas XI.
2. Buku Simpati
SMA Bahasa Inggris kelas XI.
3. Script
percakapan.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
1. Menggunakan
tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu dalam percakapan dengan baik.
2. Menggunakan
tindak tutur menyatakan perasaan marah dalam percakapan dengan baik.
3. Menggunakan
tindak tutur menyatakan perasaan jengkel dalam percakapan dengan baik.
4. Melakukan percakapan
berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Praktik
Isian
|
Practice
the dialogue then answer the questions!
Prabu : Hi Tegar, what happens?
You look nervous.
Tegar : It’s nothing.
Prabu : Really? Your face tells
me that something is going on.
Tegar : Yes, you’re right.
Actually I’ve had an embarrassing experience.
Prabu : What is it?
Tegar : When I was on my way
home, I saw an old lady trying to cross the street.
Prabu : Why didn’t you help her
to cross the street?
Tegar : I did. I helped her to
cross the street.
Prabu : That’s great. So, why
do you look nervous?
Tegar : Actually,
she didn’t want to cross the street. She’s just looking for her shopping bag.
|
Format
Kriteria Penilaian
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal)×10
Untuk peserta didik yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
..............,
........................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
____________ ____________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar