Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : .................................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
: X
Semester : Genap
Alokasi
Waktu : 6 jam pelajaran
A. Standar
Kompetensi
Membaca
11. Memahami
makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative,
descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk
mengakses ilmu pengetahuan.
B. Kompetensi
Dasar
11.1 Merespon
makna dalam teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dan
lain-lain) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima yang
menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1. Membaca
nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar.
2. Mengidentifikasi
informasi dalam teks berbentuk invitation, announcement, dan news item
3. Mengidentifikasi
bentuk dan tata bahasa dalam teks invitation, announcement, dan news item.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras,
bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, gemar membaca, rasa ingin tahu,
kreatif.
D. Materi
Pembelajaran
Teks fungsional pendek berbentuk:
• Invitation
• Announcement
• Notes
E. Metode
Pembelajaran
Three-phase
technique
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
• Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan
pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara sekilas;
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran reading;
6. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan;
7. Membahas
kosakata dalam cerita bergambar;
8. Membaca
nyaring cerita bergambar yang memuat ungkapan-ungkapan memberi instruksi secara
bersama-sama;
9. Membahas
penggunaan preposisi untuk menunjukkan letak benda-benda;
10. Memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium atau lapangan.
• Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
1. Membaca
nyaring teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan news
item dengan lafal dan intonasi yang benar.
2. Memahami
informasi dalam teks berbentuk invitation, announcement, dan news item
3. Memahami
bentuk dan tata bahasa yang digunakan dalam teks invitation, announcement, dan
news item.
• Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
- Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- Membantu
menyelesaikan masalah;
- Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
- Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
1. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber
Belajar
1. Buku
Bahasa Inggris kelas X.
2. Buku
Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1. Membaca
nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar.
2. Mengidentifikasi informasi dalam teks berbentuk invitation, announcement, dan news item
3. Mengidentifikasi bentuk dan tata bahasa dalam teks invitation, announcement, dan news item.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
Read the text
below carefully!
Gua Tabuhan Is a Lively Unique Cave
In the cave, Nyi (Mrs.) Kamiyem and
Ki (Mr.) Padmo sit on a big stone. Nyi Kamiyem will sing a song and Ki Padmo
will beat the drum. Joining them are people called wiyogo which are drummers
and other gamelan musicians.
What makes this unique is that they
mix gamelan with the sounds of nature. The visitors dance, forgetting all
problems.
Many tourists go to this cave.
Maybe you are interested in going there too but you don't know where it is.
Gua Tabuhan is located near Pacitan in East Java.
It is situated in a lime hill called Tapan, in Tabuhan, Wareng village. The
route is easy. Along the road there is beautiful tropical scenery to enjoy
rice fields, coconut-palms and birds.
East of the cave peddlers sell
souvenirs. The drink and food peddlers are on the north side. People sell
agates on the cave terraces. Somehow, it is like a fair.
It is said that the cave is the
only place where nature produces sounds like the music of gamelan. Nyi
Kamiyem, a well-known pesinden (traditional Javanese singer) from the village of Gabuhan, who often sings in the cave,
does not doubt anything.
Gua Tabuhan did not use to welcome
visitors. According to Kartowiryo (90), village elder, Gua Tabuhan used to be
a hiding place for robbers. It was believed to be a sacred place. No one
dared go inside. However, Wedana (chief of a district) Kertodiprojo, went to
the cave to find out what was wrong. He found out that the cave was inhabited
by the annoying evil spirits. The people chased the spirits away.
The cave is dark, so people need
lights, and a local guide will lead the way. Sometimes visitors bump their
heads against the sharp rocks on the ceiling.
Inside the cave there is a plain
big stone which is believed to be the prayer mat of Pangeran Diponegoro, one
of the Indonesian heroes who fought against the Dutch. It is said that
Pangeran Diponegoro used to seclude himself in the cave. Some people now use
the place for meditation.
There is a stream in the cave, in
the east corner, which can only be seen outside. However, it can be heard
from inside.
Besides the cave, Watukarang, a
beach nearby, is good to visit. By the way, do you want different souvenirs?
You can find them in Donorodjo village where agate craftsman work. So, have a
nice journey.
|
Format
Kriteria Penilaian
• Produk (Hasil Diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
• Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktik
Sikap
|
*
aktif
*
cukup aktif
*
kurang aktif
*
baik
*
cukup baik
*
kurang baik
|
3
2
1
3
2
1
|
• Lembar Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah
skor : jumlah skor maksimal) x 10.
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM
maka diadakan remedial.
Mengetahui, ......,
........................................
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
–––––––––––––––––––––––– ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar