Halaman

Senin, 20 Mei 2013

RPP Bahasa Inggris kelas 10 Semester Genap Tahun Ajaran 2012 / 2013 Bagian 9



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah       :   .................................................
Mata Pelajaran       :   Bahasa Inggris
Kelas                      :   X
Semester                :   Genap
Alokasi Waktu       :   6 jam pelajaran


A.     Standar Kompetensi
         Membaca
11.    Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
B.     Kompetensi Dasar
11.1  Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dan lain-lain) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C.     Tujuan Pembelajaran
         Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1.      Membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar.
2.      Mengidentifikasi informasi dalam teks berbentuk invitation, announcement, dan news item
3.      Mengidentifikasi bentuk dan tata bahasa dalam teks invitation, announcement, dan news item.      
         Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, gemar membaca, rasa ingin tahu, kreatif.
D.     Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek berbentuk:
        Invitation
        Announcement
        Notes
E.     Metode Pembelajaran
         Three-phase technique
F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
         Kegiatan Awal
1.      Mengawali pelajaran dengan berdoa.
2.      Apersepsi dan motivasi.
         Kegiatan Inti
                 Eksplorasi
                  Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Mengadakan pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara sekilas;
2.      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran reading;
6.      Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan;
7.      Membahas kosakata dalam cerita bergambar;
8.      Membaca nyaring cerita bergambar yang memuat ungkapan-ungkapan memberi instruksi secara bersama-sama;
9.      Membahas penggunaan preposisi untuk menunjukkan letak benda-benda;
10.    Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium atau lapangan.
                 Elaborasi
                  Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1.      Membaca nyaring teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan news item dengan lafal dan intonasi yang benar.
2.      Memahami informasi dalam teks berbentuk invitation, announcement, dan news item
3.      Memahami bentuk dan tata bahasa yang digunakan dalam teks invitation, announcement, dan news item.
                 Konfirmasi
                  Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3.      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
-        Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
-        Membantu menyelesaikan masalah;
-        Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
-        Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
-        Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
         Kegiatan akhir
         Dalam kegiatan akhir, guru:
1.      Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G.     Sumber Belajar
1.      Buku Bahasa Inggris kelas X.
2.      Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
H.     Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1. Membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar.
2. Mengidentifikasi informasi dalam teks berbentuk invitation, announcement, dan news item
3. Mengidentifikasi bentuk dan tata bahasa dalam teks invitation, announcement, dan news item.
Tes lisan
Praktik

Read the text below carefully!
Gua Tabuhan Is a Lively Unique Cave
In the cave, Nyi (Mrs.) Kamiyem and Ki (Mr.) Padmo sit on a big stone. Nyi Kamiyem will sing a song and Ki Padmo will beat the drum. Joining them are people called wiyogo which are drummers and other gamelan musicians.
What makes this unique is that they mix gamelan with the sounds of nature. The visitors dance, forgetting all problems.
Many tourists go to this cave. Maybe you are interested in going there too but you don't know where it is. Gua Tabuhan is located near Pacitan in East Java. It is situated in a lime hill called Tapan, in Tabuhan, Wareng village. The route is easy. Along the road there is beautiful tropical scenery to enjoy rice fields, coconut-palms and birds.
East of the cave peddlers sell souvenirs. The drink and food peddlers are on the north side. People sell agates on the cave terraces. Somehow, it is like a fair.
It is said that the cave is the only place where nature produces sounds like the music of gamelan. Nyi Kamiyem, a well-known pesinden (traditional Javanese singer) from the village of Gabuhan, who often sings in the cave, does not doubt anything.
Gua Tabuhan did not use to welcome visitors. According to Kartowiryo (90), village elder, Gua Tabuhan used to be a hiding place for robbers. It was believed to be a sacred place. No one dared go inside. However, Wedana (chief of a district) Kertodiprojo, went to the cave to find out what was wrong. He found out that the cave was inhabited by the annoying evil spirits. The people chased the spirits away.
The cave is dark, so people need lights, and a local guide will lead the way. Sometimes visitors bump their heads against the sharp rocks on the ceiling.
Inside the cave there is a plain big stone which is believed to be the prayer mat of Pangeran Diponegoro, one of the Indonesian heroes who fought against the Dutch. It is said that Pangeran Diponegoro used to seclude himself in the cave. Some people now use the place for meditation.
There is a stream in the cave, in the east corner, which can only be seen outside. However, it can be heard from inside.
Besides the cave, Watukarang, a beach nearby, is good to visit. By the way, do you want different souvenirs? You can find them in Donorodjo village where agate craftsman work. So, have a nice journey.
         Format Kriteria Penilaian      
                 Produk (Hasil Diskusi)
                 
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


                 Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.

Praktik


Sikap
* aktif
* cukup aktif
* kurang aktif
* baik
* cukup baik
* kurang baik
3
2
1
3
2
1
                 
                 Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






                 

         Catatan:
         Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10.
         Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.


Mengetahui,                                                                                                       ......, ........................................
Kepala Sekolah                                                                                                          Guru Mapel Bahasa Inggris



––––––––––––––––––––––––                                                                            ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK.                                                                                                              NIP/NIK.

Tidak ada komentar: