Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas :
XI
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran
. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
8. Memahami
makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, spoof , dan hortatory
exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
8.2 Merespon
makna dalam teks monolog yang
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan
hortatory exposition.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik
mampu:
1. Mengidentifikasi
makna gagasan dalam teks berbentuk narrative.
2. Mengidentifikasi
makna gagasan dalam teks berbentuk spoof.
3. Mengidentifikasi
makna gagasan dalam teks berbentuk hortatory exposition.
Karakter peserta didik yang diharapkan: disiplin, tanggung jawab, kerja keras, mandiri.
D. Materi
Pembelajaran
Teks lisan berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory
exposition.
E. Metode
Pembalajaran
Three-phase technique.
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan
pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara
sekilas;
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming)
tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran listening;
6. Mengulas
singkat tentang teks monolog berbentuk narrative, spoof, dan hortatory
exposition.
7. Meminta
siswa untuk mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk narrative,
spoof, dan hortatory exposition.
8. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1. Mendengarkan
teks monolog sederhana berbentuk narrative, spoof, dan hortatory
exposition.
2. Memahami
makna gagasan dalam teks narrative, spoof, dan hortatory exposition.
3. Menjawab
pertanyaan-pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam materi
teks.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
a. Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
b. Membantu
menyelesaikan masalah;
c. Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
d. Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
e. Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
1. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber
Belajar
1. Rekaman
kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas XI.
2. Buku bahasa
Inggris kelas XI.
3. Buku Simpati
SMA Bahasa Inggris kelas XI.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
1. Mengidentifikasi
makna gagasan dalam teks berbentuk narrative.
2. Mengidentifikasi
makna gagasan dalam teks berbentuk spoof.
3. Mengidentifikasi
makna gagasan dalam teks berbentuk hortatory
exposition.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Praktik
Isian
|
Listen and
complete the text!
The Brain Bank
It seems there was a woman who received
some (1) ______. Her husband had been in (2) ______ and was (3) ______. The
doctor told her some good news, though. They had perfected their (4) ______
technique and that she was lucky there were three fresh brains in the brain
bank from which to choose.
(5)
______ had killed a firefighter, a captain and a chief. Having (6) ______,
she requested the cost for each of the brains. The firefighter’s brain was
$10,000, the captain’s brain was $50,000 and the chief was a MILLION DOLLARS!
Curious, she asked why the chief’s brain was so much more (7) ______.
The
reply.... you see the chief’s brain (8) ______!
Adapted form: http://www.dizzyboy.com
|
Format
Kriteria Penilaian
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal)×10
Untuk peserta didik yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
..............,
........................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
____________ ____________
NIP. NIP.
1 komentar:
asslmlkm..slmt sore pak, mf pak sy minta RPP nya bapak ya buat bahan ngajar di tempat PPL pak,makasih banyak sebelumnya pak ya, RPP yang bapak tulis sangat bermanfaat buat sy pak :)
Posting Komentar