Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : .................................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
: X
Semester : Genap
Alokasi
Waktu : 6 jam pelajaran
A. Standar
Kompetensi
Membaca
12. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative,
descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
12.1 Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan,
undangan dll) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima yang
menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1. Membuat
teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan news item.
2. Menggunakan
kalimat present progressive dengan tepat.
3. Menggunakan
direct dan indirect speech serta passive voice dengan tepat.
4. Menggunakan
adjectives order pada kalimat dengan tepat
Karakter
peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras,
bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca,
kreatif.
D. Materi
Pembelajaran
1. Teks
fungsional pendek berbentuk:
• Invitation
• Announcement
• Notes
2. Grammar:
• Present
progressive
• Direct
and indirect speech
• Adjectives
order
• Passive
voice
E. Metode
Pembelajaran
Three-phase
technique
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
• Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan
pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara
sekilas;
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran reading;
6. Meminta
siswa membaca teks dengan lafal, intonasi, dan tekanan yang benar;
7. Mengulas
singkat tentang teks fungsional pendek iklan dan pengumuman;
8. Meminta
siswa untuk mengidentifikasi tujuan komunikatif dan informasi dari teks
fungsional pendek berbentuk iklan dan pengumuman.
9. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan;
• Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
1. Menulis
teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan news item
2. Menggunakan
kalimat present progressive dalam teks yang tepat.
3. Menulis
direct dan indirect speech serta passive voice.
4. Memahami
penggunaan adjectives order.
• Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
- Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- Membantu
menyelesaikan masalah;
- Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
- Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
1. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber
Belajar
1. Buku
Bahasa Inggris kelas X.
2. Buku
Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1. Membuat teks fungsional pendek berbentuk invitation,
announcement, dan news item.
2. Menggunakan kalimat present progressive dengan tepat.
3. Menggunakan direct dan indirect speech serta passive
voice dengan tepat.
4. Menggunakan adjectives order pada kalimat dengan tepat.
|
Tes lisan
Tes
tertulis
|
Praktik uji petik
Uraian
|
Put the
adjectives in brackets in the correct position!
1. black
gloves (leather)
2. an
American film (old/interesting)
|
Format
Kriteria Penilaian
• Produk (Hasil Diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
• Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktik
Sikap
|
*
aktif
*
cukup aktif
*
kurang aktif
*
baik
*
cukup baik
*
kurang baik
|
3
2
1
3
2
1
|
• Lembar Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah
skor : jumlah skor maksimal) x 10.
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM
maka diadakan remedial.
Mengetahui, ......,
........................................
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
–––––––––––––––––––––––– ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar