Halaman

Senin, 20 Mei 2013

RPP Bahasa Inggris kelas 10 Semester Genap Tahun Ajaran 2012 / 2013 Bagian 11



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah       :   .................................................
Mata Pelajaran       :   Bahasa Inggris
Kelas                      :   X
Semester                :   Genap
Alokasi Waktu       :   6 jam pelajaran

A.     Standar Kompetensi
         Membaca
12.    Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B.     Kompetensi Dasar
12.1  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C.     Tujuan Pembelajaran
         Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1.      Membuat teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan news item.
2.      Menggunakan kalimat present progressive dengan tepat.
3.      Menggunakan direct dan indirect speech serta passive voice dengan tepat.
4.      Menggunakan adjectives order pada kalimat dengan tepat
         Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif.
D.     Materi Pembelajaran
1.      Teks fungsional pendek berbentuk:
       Invitation
       Announcement
       Notes
2.      Grammar:
       Present progressive
       Direct and indirect speech
       Adjectives order
       Passive voice
E.     Metode Pembelajaran
         Three-phase technique
F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
         Kegiatan Awal
1.      Mengawali pelajaran dengan berdoa.
2.      Apersepsi dan motivasi.
         Kegiatan Inti
                 Eksplorasi
                  Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Mengadakan pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara sekilas;
2.      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran reading;
6.      Meminta siswa membaca teks dengan lafal, intonasi, dan tekanan yang benar;
7.      Mengulas singkat tentang teks fungsional pendek iklan dan pengumuman;
8.      Meminta siswa untuk mengidentifikasi tujuan komunikatif dan informasi dari teks fungsional pendek berbentuk iklan dan pengumuman.
9.      Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan;
                 Elaborasi
                  Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1.      Menulis teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan news item
2.      Menggunakan kalimat present progressive dalam teks yang tepat.
3.      Menulis direct dan indirect speech serta passive voice.
4.      Memahami penggunaan adjectives order.
                 Konfirmasi
                  Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3.      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
-        Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
-        Membantu menyelesaikan masalah;
-        Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
-        Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
-        Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
         Kegiatan akhir
         Dalam kegiatan akhir, guru:
1.      Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G.     Sumber Belajar
1.      Buku Bahasa Inggris kelas X.
2.      Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
H.     Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.  Membuat teks fungsional pendek berbentuk invitation, announcement, dan news item.
2.  Menggunakan kalimat present progressive dengan tepat.
3.  Menggunakan direct dan indirect speech serta passive voice dengan tepat.
4.  Menggunakan adjectives order pada kalimat dengan tepat.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik uji petik

Uraian
Put the adjectives in brackets in the correct position!
1.   black gloves (leather)
2.   an American film (old/interesting)
         Format Kriteria Penilaian      
                 Produk (Hasil Diskusi)
                 
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
                 Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.

Praktik


Sikap
* aktif
* cukup aktif
* kurang aktif
* baik
* cukup baik
* kurang baik
3
2
1
3
2
1
                 Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






                 
         Catatan:
         Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10.
         Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.

Mengetahui,                                                                                                       ......, ........................................
Kepala Sekolah                                                                                                          Guru Mapel Bahasa Inggris


––––––––––––––––––––––––                                                                            ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK.                                                                                                              NIP/NIK.

Tidak ada komentar: