Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : .................................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
: X
Semester : Genap
Alokasi
Waktu : 6 jam pelajaran
A. Standar
Kompetensi
Berbicara
10. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk narrative,
descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
10.2 Mengungkapkan
makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk: narrative, descriptive, dan news item.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1. Melakukan
monolog dengan teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
2. Mengidentifikasi
makna gagasan teks monolog berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
3. Merespon
pertanyaan tentang makna gagasan teks secara lisan.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras,
bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca,
kreatif.
D. Materi
Pembelajaran
Teks
lisan berbentuk:
• Narrative • Descriptive • News item
E. Metode
Pembelajaran
Three-phase
technique
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
• Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan
pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara
sekilas;
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran speaking;
6. Mendengarkan
penjelasan guru dalam grammar practice dan mengaplikasikannya secara lisan;
7. Mengulas
singkat tentang teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
8. Meminta
siswa untuk mengidentifikasi gagasan teks berbentuk narrative, descriptive, dan
news item secara lisan; dan
9. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
• Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
1. Menyusun
teks monolog berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
2. Memahami
makna gagasan teks monolog berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
3. Menjawab
pertanyaan tentang makna gagasan teks secara lisan.
• Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
• Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
• Membantu
menyelesaikan masalah;
• Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
• Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
• Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
1. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber
Belajar
1. Buku
bahasa Inggris kelas X.
2. Buku
Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1.
Melakukan monolog dengan teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
2.
Mengidentifikasi makna gagasan teks monolog
berbentuk narrative,
descriptive, dan news item.
3.
Merespon pertanyaan tentang makna gagasan teks
secara lisan.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Praktik uji petik
Isian
Uraian
|
What does the text talk about?
|
Format
Kriteria Penilaian
• Produk (Hasil Diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
• Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktik
Sikap
|
*
aktif
*
cukup aktif
*
kurang aktif
*
baik
*
cukup baik
*
kurang baik
|
3
2
1
3
2
1
|
• Lembar Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah
skor : jumlah skor maksimal) x 10.
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM
maka diadakan remedial.
Mengetahui, ......,
........................................
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
–––––––––––––––––––––––– ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar