Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : .................................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
: X
Semester : Genap
Alokasi
Waktu : 6 jam pelajaran
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
8. Memahami
makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative,
descriptive, dan news item sederhana dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
8.2 Merespon
makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk; narrative, descriptive, dan news item.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1. Mengidentifikasi
makna gagasan dalam teks berbentuk narrative.
2. Mengidentifikasi
makna gagasan dalam teks berbentuk descriptive.
3. Mengidentifikasi
makna gagasan dalam teks berbentuk news item.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras,
bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca,
keratif.
D. Materi
Pembelajaran
Teks
lisan berbentuk:
• Narrative
• Descriptive
• News
item
E. Metode
Pembalajaran
Three-phase
technique.
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1. Mengawali
pelajaran dengan berdoa.
2. Apersepsi
dan motivasi.
Kegiatan
Inti
• Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan
pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara sekilas;
2. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran listening;
6. Mengulas
singkat tentang teks monolog berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
7. Meminta
siswa untuk mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk narrative,
descriptive, dan news item.
8. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
• Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
1. Mendengarkan
teks monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
2. Memahami
makna gagasan dalam teks narrative, descriptive, dan news item.
3. Menjawab
pertanyaan- pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam materi
teks.
• Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
- Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- Membantu
menyelesaikan masalah;
- Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
- Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
1. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber
Belajar
1. Rekaman
kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas X.
2. Buku
bahasa Inggris kelas X.
3. Buku
Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1. Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk narrative.
2. Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk descriptive.
3. Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk news item.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Praktik
Isian
Uraian
|
Listen and
complete the blanks with the words provided!
Mesopotamia means between the (1)…. It is a Greek name
for the land between the Tigris and Euphrates
rivers in (2)… Iraq, a
country in the Middle East. The fertile land
between the rivers was easy to farm, and large (3)… grew. Mesopotamians lived
in villages and (4)… cattle. They grew wheat, barley, and date palms. About
8,000 years ago, Mesopotamians learned how to build canals and dams. The
canals carried river water to their fields. Mesopotamians began to build
large, productive farms, and the population grew. The (5)… became rich and
powerful.
By
about 6,000 years ago, a Mesopotamian people called the Sumerians built the
world's first cities. Mesopotamians built their cities with mud (6)…. They
erected walls around them for protection from (7)…. Mesopotamian cities were
(8)… by priest-kings who lived in beautiful palaces. The most important
buildings in Mesopotamian cities were huge mud-brick temples honoring local
(9)…. The temples are known as ziggurats.
The
cities of Mesopotamia were complex, just
like modern cities. They had homes, factories, warehouses, shops,
restaurants, and religious temples. (10)… families lived in houses surrounded
by walled gardens. People often traveled in carts pulled by donkeys.
|
Format Kriteria
Penilaian
• Produk (Hasil Diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
• Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktik
Sikap
|
*
aktif
*
cukup aktif
*
kurang aktif
*
baik
*
cukup baik
*
kurang baik
|
3
2
1
3
2
1
|
• Lembar Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah
skor : jumlah skor maksimal) x 10.
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM
maka diadakan remedial.
Mengetahui, ......,
........................................
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
–––––––––––––––––––––––– ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar