Minggu, 19 Mei 2013

RPP Bahasa Inggris kelas 10 Semester Genap Tahun Ajaran 2012 / 2013 Bagian 4



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah       :   .................................................
Mata Pelajaran       :   Bahasa Inggris
Kelas                      :   X
Semester                :   Genap
Alokasi Waktu       :   6 jam pelajaran


A.     Standar Kompetensi
         Mendengarkan
8.      Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative, descriptive, dan news item sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B.     Kompetensi Dasar
8.2    Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk; narrative, descriptive, dan news item.
C.     Tujuan Pembelajaran
         Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1.      Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk narrative.
2.      Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk descriptive.
3.      Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk news item.
         Karakter peserta didik yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu, gemar membaca, keratif.
D.     Materi Pembelajaran
         Teks lisan berbentuk:
        Narrative
        Descriptive
        News item
E.     Metode Pembalajaran
         Three-phase technique.
F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
         Kegiatan Awal
1.      Mengawali pelajaran dengan berdoa.
2.      Apersepsi dan motivasi.
         Kegiatan Inti
                 Eksplorasi
                  Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Mengadakan pretest review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara sekilas;
2.      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran listening;
6.      Mengulas singkat tentang teks monolog berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
7.      Meminta siswa untuk mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
8.      Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
                 Elaborasi
                  Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
1.      Mendengarkan teks monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
2.      Memahami makna gagasan dalam teks narrative, descriptive, dan news item.
3.      Menjawab pertanyaan- pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam materi teks.
                 Konfirmasi
                  Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3.      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
-        Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
-        Membantu menyelesaikan masalah;
-        Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
-        Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
-        Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
         Kegiatan akhir
         Dalam kegiatan akhir, guru:
1.      Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G.     Sumber Belajar
1.      Rekaman kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas X.
2.      Buku bahasa Inggris kelas X.
3.      Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas X.
H.     Penilaian

Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.  Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk narrative.
2.  Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk descriptive.
3.  Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk news item.
Tes lisan

Tes tulis
Praktik

Isian
Uraian
Listen and complete the blanks with the words provided!
        Mesopotamia means between the (1)…. It is a Greek name for the land between the Tigris and Euphrates rivers in (2)… Iraq, a country in the Middle East. The fertile land between the rivers was easy to farm, and large (3)… grew. Mesopotamians lived in villages and (4)… cattle. They grew wheat, barley, and date palms. About 8,000 years ago, Mesopotamians learned how to build canals and dams. The canals carried river water to their fields. Mesopotamians began to build large, productive farms, and the population grew. The (5)… became rich and powerful.
        By about 6,000 years ago, a Mesopotamian people called the Sumerians built the world's first cities. Mesopotamians built their cities with mud (6)…. They erected walls around them for protection from (7)…. Mesopotamian cities were (8)… by priest-kings who lived in beautiful palaces. The most important buildings in Mesopotamian cities were huge mud-brick temples honoring local (9)…. The temples are known as ziggurats.
        The cities of Mesopotamia were complex, just like modern cities. They had homes, factories, warehouses, shops, restaurants, and religious temples. (10)… families lived in houses surrounded by walled gardens. People often traveled in carts pulled by donkeys.
         Format Kriteria Penilaian      
                 Produk (Hasil Diskusi)
                 
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

                 Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.

Praktik


Sikap
* aktif
* cukup aktif
* kurang aktif
* baik
* cukup baik
* kurang baik
3
2
1
3
2
1
                 



                 Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






                 

         Catatan:
         Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10.
         Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.

Mengetahui,                                                                                                       ......, ........................................
Kepala Sekolah                                                                                                          Guru Mapel Bahasa Inggris



––––––––––––––––––––––––                                                                            ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK.                                                                                                              NIP/NIK.

Tidak ada komentar: