Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : .................................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
: X
Semester : Genap
Alokasi
Waktu : 6 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
7.2 Merespon makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang
menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan
rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
pembelajaran ini, peserta didik mampu:
1. Mengidentifikasi
makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut.
2. Merespon ungkapan
tindak tutur menyatakan rasa terkejut.
3. Mengidentifikasi
makna tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
4. Merespon ungkapan
tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
5. Mengidentifikasi
makna tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
6. Merespon ungkapan
yang terkait tindak tutur undangan, tawaran, dan ajakan.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: Karakter peserta didik yang diharapkan:
Disiplin, kerja keras, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu,
gemar membaca, kreatif.
D. Materi Pembelajaran
Percakapan singkat
menggunakan tindak tutur:
• Menyatakan rasa
terkejut:
- What a surprise!
• Menyatakan rasa
tak percaya:
- You must be joking.
• Menerima undangan,
tawaran, dan ajakan.
- Would you like to come to my party?
- I'd love to.
E. Metode Pembelajaran
Three-phase
technique
F. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
1. Mengawali pelajaran
dengan berdoa.
2. Apersepsi dan
motivasi.
Kegiatan Inti
• Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mengadakan pretest
review untuk mengulang kembali pelajaran yang telah lalu secara sekilas;
2. Melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam (brainstorming) tentang topik/tema
materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
3. Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran listening;
6. Mengulas singkat
tentang tindak tutur menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya,
serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan;
7. Meminta siswa untuk
memberikan respon yang sesuai dengan tindak tutur menyatakan rasa terkejut,
menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan dan;
8. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan di laboratorium atau lapangan.
• Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, siswa:
1. Membahas ungkapan
yang terkait dengan tindak tutur menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak
percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan.
2. Mendengarkan
percakapan yang terkait dengan materi.
3. Menjawab / merespon
pertanyaan tentang percakapan yang didengar.
• Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
- Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- Membantu
menyelesaikan masalah;
- Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- Memberi informasi
untuk bereksplorasi lebih jauh;
- Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan
akhir, guru:
1. Bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. Melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
3. Memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
G. Sumber Belajar
1. Rekaman kaset, CD,
VCD listening bahasa Inggris kelas X.
2. Buku bahasa Inggris
kelas X
3. Buku Simpati SMA
Bahasa Inggris kelas X.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1. Mengidentifikasi
makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut.
2. Merespon
ungkapan tindak tutur menyatakan rasa terkejut.
3. Mengidentifikasi
makna tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
4. Merespon
ungkapan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
5. Mengidentifikasi
makna tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan
ajakan.
6. Merespon
ungkapan yang terkait tindak tutur undangan, tawaran,
dan ajakan.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Praktik
Isian
|
Fill in the
blanks with the correct respond!
1. Bella
: Would you have a glass of es palubutung?
Tony : (accept)
That would be very nice.
2. Firman
: Shall
we have lunch at Padang Resto?
Susan
: (decline)
....
3. Susan
: Won't
you have more satay?
Lody
: (decline)
....
4. Brandon
: Would
you like to have dinner with me tonight?
Ayu
: (accept) ....
5. Ayu
: Will you have something to drink?
Nico
: (accept) ....
6. Tony
: Would
you like to join me for a coffee?
Brandon
: (decline)
....
|
Format Kriteria
Penilaian
• Produk (Hasil Diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
• Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktik
Sikap
|
*
aktif
*
cukup aktif
*
kurang aktif
*
baik
*
cukup baik
*
kurang baik
|
3
2
1
3
2
1
|
• Lembar Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Catatan:
Nilai = (Jumlah
skor : jumlah skor maksimal) x 10.
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM
maka diadakan remedial.
Mengetahui, ......,
........................................
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
–––––––––––––––––––––––– ––––––––––––––––––––––––
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar