Rabu, 29 Mei 2013

Silabus Bahasa Inggris kelas 11 Tahun Ajaran 2012 / 2013



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                   :     XI
Semester                            :     Genap
Standar Kompetensi        :     Mendengarkan
                                            7.   Memahami makna dalam  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam
konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih.
Percakapan singkat menggunakan tindak tutur:
·  Menyatakan sikap terhadap sesuatu:
-   Personally...
-   In my case...
·  Menyatakan perasaan cinta:
-  I have a crush on you.
-  I adore ...
·  Menyatakan perasaan sedih:
-   I’m sad about ...
-   I’m sorry about ...
1. Membahas ungkapan yang terkait dengan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih.
2. Mendengarkan percakapan yang terkait dengan materi.
3. Menjawab/merespon pertanyaan tentang percakapan yg didengar.

1. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu.
2. Merespon ungkapan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu.
3. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan cinta.
4. Merespon ungkapan tindak tutur menyatakan perasaan cinta.
5. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan sedih.
6. Merespon ungkapan tindak tutur menyatakan perasaan sedih.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Complete the dialogue while you are listening!
Olive    : I love you, Farih!
Farih    :    (1) ______!
Olive    :    How much do you love me?
Farih    :    A lot. (2) ______.
Olive    :    Why do you love me so much?
Farih    :    You are kind, you’re pretty. (3)  ______.
Olive    :    Don’t stop! Tell me more!
Farih    :    I... I can’t explain it. (4) ______.
Olive    :    And I love you more than anyone in the world.
Farih    :    Can I ask you a question?
Olive    :    Sure.
2 jam pelajaran
1.  Rekaman kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas XI.
2.  Buku bahasa Inggris kelas XI.
3.  Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
Karakter peserta didik yang diharapkan: jujur, mandiri, kerja keras.

                                                                                                                                                                                 ................., ............................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                      Guru

____________                                                                                                                                                         ____________
NIP.                                                                                                                                                                          NIP.






























Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                   :     XI
Semester                            :     Genap
Standar Kompetensi        :     Mendengarkan
                                                  7.   Memahami makna dalam  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam
                                                        konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.2  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel.
Percakapan singkat menggunakan tindak tutur:
·   Menyatakan perasaan malu:
-    I’m shy
-    I feel embarrassed.
·   Menyatakan perasaan marah:
-     You’re nuts!
-     You’re mad!
·   Menyatakan perasaan jengkel:
-      You drive me crazy!
-      I’m very annoyed.
1. Membahas ungkapan yang terkait dengan tindak tutur menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel.
2. Mendengarkan percakapan yang terkait dengan materi.
3. Menjawab/merespon pertanyaan tentang percakapan yg didengar.
1. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan malu.
2. Merespon ungkapan tindak tutur menyatakan perasaan malu.
3. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan marah.
4. Merespon ungkapan tindak tutur menyatakan perasaan marah.
5. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan jengkel.
6. Merespon ungkapan yang terkait tindak tutur menyatakan perasaan jengkel.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Listen and answer the questions orally!
1. When do people laugh?
2. When do people get embarrassed?
3. When do people smile?
4. Do you have any amusing experience? If so, tell your classmates your experience!
5. Have you ever read a funny story? Tell your classmates the story if you have!
6. Have you ever had an embarrassing experience? Tell your classmates the experience if you have one!
7. If your teacher finds you cheating in a test, how do you feel?
2 jam pelajaran
·    Rekaman kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas XI.
·    Buku bahasa Inggris kelas XI.
·    Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
Karakter peserta didik yang diharapkan: toleransi, mandiri, kerja keras.

                                                                                                                                                                          ................., ............................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                      Guru


____________                                                                                                                                                         ____________
NIP.                                                                                                                                                                          NIP.





























Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                   :     XI
Semester                            :     Genap
Standar Kompetensi        :     Mendengarkan
                                                  8.   Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory
                                                        exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.1  Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Teks fungsional pendek:
Poster
1.  Membahas makna & informasi dalam teks fungsional pendek.
2.  Mendengarkan teks fungsional pendek.
3.  Menjawab/merespon pertanyaan tentang:
a.  Isi teks yang didengar
b.  Tujuan teks fungsional
c.  Bentuk teks fungsional
1. Mengidentifikasi makna dan informasi dalam teks fungsional pendek.
2. Mengidentifikasi tujuan teks fungsional pendek.
3. Mengidentifikasi isi, tujuan, dan bentuk teks fungsional pendek.

Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Uraian
Listen and complete the text!
A poor woodsman’s wife sighed one day and said, “if only we could have (1) ______, even he was only as tall as a thumb. Time went by, and in the end a child was born to her, a little boy who was exactly as tall as a thumb; so they called him Tom Thumb.
2 jam pelajaran
1.  Rekaman kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas XI.
2.  Buku bahasa Inggris kelas XI.
3.  Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
Karakter peserta didik yang diharapkan: disiplin, tanggung jawab, kerja keras, mandiri.


                                                                                                                                                                          ................., ............................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                      Guru


____________                                                                                                                                                         ____________
NIP.                                                                                                                                                                         NIP.








































Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                   :     XI
Semester                            :     Genap
Standar Kompetensi        :     Mendengarkan
8.    Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory
exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.2  Merespon makna dalam teks  monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition.
Teks lisan berbentuk:
·     Narrative
·     Spoof
·     Hortatory exposition
1.  Mendengarkan teks monolog sederhana berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
2.  Memahami makna gagasan dalam teks narrative, spoof, dan hortatory exposition.
3.  Menjawab pertanyaan- pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam materi teks.
1.  Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk narrative.
2.  Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk spoof.
3.  Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk hortatory exposition.


Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Uraian
Listen and complete the text!
The Brain Bank
   It seems there was a woman who received some (1) ______. Her husband had been in (2) ______ and was (3) ______. The doctor told her some good news, though. They had perfected their (4) ______ technique and that she was lucky there were three fresh brains in the brain bank from which to choose.
(5) ______ had killed a firefighter, a captain and a chief. Having (6) ______, she requested the cost for each of the brains. The firefighter’s brain was $10,000, the captain’s brain was $50,000 and the chief was a MILLION DOLLARS! Curious, she asked why the chief’s brain was so much more (7) ______.
The reply.... you see the chief’s brain (8) ______!
Adapted form: http://www.dizzyboy.com
2 jam pelajaran
1.  Rekaman kaset, CD, VCD listening bahasa Inggris kelas XI.
2.  Buku bahasa Inggris kelas XI.
3.  Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
Karakter peserta didik yang diharapkan: disiplin, tanggung jawab, kerja keras, mandiri.


                                                                                                                                                                          ................., ............................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                      Guru


____________                                                                                                                                                         ____________
NIP.                                                                                                                                                                          NIP.






























Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                   :     XI
Semester                            :     Genap
Standar Kompetensi        :     Berbicara
                                                  9.   Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained)
                                                        dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
9.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan ber-terima dalam kon-teks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyata-kan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih.
Percakapan singkat menggunakan tindak tutur:
·    Menyatakan sikap terhadap sesuatu:
-     Personally...
-     In my case...
·    Menyatakan perasaan cinta:
-    I have a crush on you.
-    I adore ...
·    Menyatakan perasaan sedih:
-    I’m sad about ...
-    I’m sorry about ...
4.  Bermain peran menggunakan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu.
5.  Bermain peran menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan cinta.
6.  Bermain peran menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan sedih.
7.  Menyusun dialog berdasarkan situasi.
1. Menggunakan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu dalam percakapan dengan baik.
2. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan cinta dalam percakapan dengan baik.
3. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan sedih dalam percakapan dengan baik.
4. Melakukan percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Uraian
Imagine then perform the following dialogue in pairs!
Mr. Akbar :            My dear, I’ll possibly return home late.
Mrs. Akbar   :            Is there an urgent meeting at your office, my dear?
Mr. Akbar :            Yeah. Don’t you remember? It’s the last week in the month. I should finish my monthly report soon.
Mrs. Akbar   :            OK then. But I won’t open the door for you if you come home at midnight.
Mr. Akbar :            What about coming home early in the morning?
                             So, I won’t disturb you.
Mrs. Akbar   :            Never mind. If you don’t love me anymore, just leave me alone.
2 jam pelajaran
1.  Buku bahasa Inggris kelas XI.
2.  Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
3.  Script percakapan bahasa Inggris kelas XI.
Karakter peserta didik yang diharapkan: kreatif, jujur, bersahabat/komunikatif.


                                                                                                                                                                          ................., ............................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                      Guru


____________                                                                                                                                                         ____________
NIP.                                                                                                                                                                          NIP.




























Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                   :     XI
Semester                            :     Genap
Standar Kompetensi        :     Berbicara
                                                  9.   Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained)
                                                        dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan ber-lanjut (sustained) yang mengguna-kan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel.
Percakapan singkat menggunakan tindak tutur:
·   Menyatakan perasaan malu:
-    I’m shy
-    I feel embarrassed.
·   Menyatakan perasaan marah:
-     You’re nuts!
-     You’re mad!
·   Menyatakan perasaan jengkel:
-       You drive me crazy!
-       I’m very annoyed.
1.   Bermain peran menggunakan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu.
2.   Bermain peran menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan marah.
3.   Bermain peran menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel.
4.   Menyusun dialog berdasarkan situasi.
1. Menggunakan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu dalam percakapan dengan baik.
2. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan marah dalam percakapan dengan baik.
3. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel dalam percakapan dengan baik.
4. Melakukan percakapan berdasarkan situasi dengan ungkapan-ungkapan yang berterima.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Uraian
Practice the dialogue then answer the questions!
Prabu    :   Hi Tegar, what happens? You look nervous.
Tegar   :   It’s nothing.
Prabu    :   Really? Your face tells me that something is going on.
Tegar   :   Yes, you’re right. Actually I’ve had an embarrassing experience.
Prabu    :   What is it?
Tegar   :   When I was on my way home, I saw an old lady trying to cross the street.
Prabu :     Why didn’t you help her to cross the street?
Tegar   :   I did. I helped her to cross the street.
Prabu    :   That’s great. So, why do you look nervous?
Tegar   :   Actually, she didn’t want to cross the street. She’s just looking for her shopping bag.
2 jam pelajaran
1.  Buku bahasa Inggris kelas XI.
2.  Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
3.  Script percakapan bahasa Inggris kelas XI.
Karakter peserta didik yang diharapkan: toleransi, bersahabat/komunikatif.



                                                                                                                                                                          ................., ............................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                      Guru


____________                                                                                                                                                         ____________
NIP.                                                                                                                                                                          NIP.



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                   :     XI
Semester                            :     Genap
Standar Kompetensi        :     Berbicara                                        
                                            10.       Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory
                                                         exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
10.1  Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.


Teks fungsional pendek.
1.  Menyusun teks fungsional pendek dengan benar.
2.  Mempresentasi-kan teks fungsional pendek secara lisan.
3.  Memahami tata bahasa dalam teks fungsional pendek yang dibahas.

1.   Menyampaikan teks fungsional pendek secara lisan.
2.   Merespon teks fungsional pendek yang disampaikan  secara lisan.
3.   Menggunakan tata bahasa dalam teks fungsional pendek yang dibahas dengan benar.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Uraian
Read the text below carefully then try to retell it in front of the class!
The Story of Jonah
    Once upon a time there was a village in North Israel. All the people lived peacefully there. One of them was Jonah. Jonah lived with his parents. They loved him very much.
    In the north of Israel was Syria. It had powerful knights. They were very cruel and liked to invade other countries.
    One night when the people of Jonah’s village were sleeping, the Syrian knights attacked his village. They burned down the houses. One of them threw a torch into Jonah’s house. Jonah’s house was on fire.
2 jam pelajaran
1.  Buku bahasa Inggris kelas XI.
2.  Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
3.  Teks fungsional pendek.
Karakter peserta didik yang diharapkan: tanggung jawab, kreatif, kerja keras, bersahabat/komunikatif.

                                                                                                                                                                          ................., ............................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                      Guru


____________                                                                                                                                                         ____________
NIP.                                                                                                                                                                          NIP.



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                   :     XI
Semester                            :     Genap
Standar Kompetensi        :     Berbicara
                                            10.        Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory
                                                  exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
10.2        Mengungkapkan makna dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition.

Teks lisan berbentuk:
·       Narrative
·       Spoof
·       Hortatory exposition
1.  Menyusun teks monolog berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
2.  Memahami makna gagasan teks monolog berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
3.  Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks secara lisan.
1.  Melakukan monolog dengan teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
2.  Mengidentifikasi makna gagasan teks monolog berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
3.  Merespon pertanyaan tentang makna gagasan teks secara lisan.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Uraian
Read the text below then retell it with your own words in front of the class!
     Soon after he left college, Dave found one of his uncles who was very rich and had no children of his own died and left him a lot of money, so he decided to set up his own real estate agency.
     Dave found a nice office. He bought some new furniture and moved in. He had only been there for a few hours when he heard someone coming toward the door of his office.
     “It must be my first customer” Dave thought. He quickly picked up the telephone and pretended to be very busy answering an important call from someone in New York who wanted to buy a big and expensive house in the country.
2 jam pelajaran
1.  Buku bahasa Inggris kelas XI.
2.  Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
Karakter peserta didik yang diharapkan: disiplin, kreatif, kerja keras, bersahabat/komunikatif.

                                                                                                                                                                          ................., ............................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                      Guru

____________                                                                                                                                                         ____________
NIP.                                                                                                                                                                          NIP.


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                   :     XI
Semester                            :     Genap
Standar Kompetensi        :     Membaca
                                                  11. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam
                                                        konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
11.1  Merespon makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

Teks fungsional pendek.
1.   Membaca nyaring teks fungsional pendek dengan lafal dan intonasi yang benar.
2.   Memahami informasi dalam teks fungsional pendek yang dibahas.
3.   Memahami bentuk dan tata bahasa yang digunakan dalam teks fungsional pendek.
1.  Membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar.
2.  Mengidentifikasi informasi dalam teks fungsional pendek yang dibahas.
3.  Mengidentifikasi bentuk dan tata bahasa dalam teks fungsional pendek.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Uraian
Read the text below carefully!
Lutung Kasarung
    Prabu Tapa Agung was an old king. He had two daughters, Purbararang and Purbasari. Prabu Tapa Agung planned to retire as a king. He wanted Purbasari to replace him as the leader of the kingdom.
2 jam pelajaran
1.  Buku bahasa Inggris kelas XI.
2.  Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
Karakter peserta didik yang diharapkan: disiplin, tanggung jawab, kreatif, kerja keras, gemar membaca.


                                                                                                                                                                    ................., ............................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                      Guru

____________                                                                                                                                                         ____________
NIP.                                                                                                                                                                         NIP.



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                   :     XI
Semester                            :     Genap
Standar Kompetensi        :     Membaca
                                                  11. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan hortatory exposition dalam
                                                        konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
11.2  Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk   narrative, spoof, dan hortatory exposition.
Teks berbentuk:
·     Narrative
·     Spoof
·     Hortatory exposition
4.  Membaca nyaring bermakna teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition dengan lafal dan intonasi yang benar.
5.  Mendiskusikan langkah retorika teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
6.  Mendiskusikan main idea dalam wacana.
7.  Mendiskusikan tujuan komunikatif teks yang dibaca.
8.  Mendiskusikan urutan peristiwa dalam teks.
9.  Mendiskusikan tokoh dari cerita yang dibaca.
1.  Membaca nyaring bermakna teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition dengan baik.
2.  Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks.
3.  Mengidentifikasi main idea dalam wacana.
4.  Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks yang dibaca.
5.  Mengidentifikasi urutan peristiwa dalam teks.
6.  Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang dibaca.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Uraian
The Magic Moneybag
    Long ago there was a young couple who lived in a small thatched hut in a gully. They were so poor that every day they had to cut two bundles of firewood and carry them to market on their backs.
               
2 jam pelajaran
1.  Buku bahasa Inggris kelas XI.
2.  Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
Karakter peserta didik yang diharapkan: disiplin, tanggung jawab, kreatif, kerja keras, gemar membaca.


                                                                                                                                                                    ................., ............................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                      Guru

____________                                                                                                                                                         ____________
NIP.                                                                                                                                                                          NIP.



Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                   :     XI
Semester                            :     Genap
Standar Kompetensi        :     Menulis
                                                  12. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof  dan hortatory
                                                        exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
12.1        Mengungkap-kan makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
1.   Teks fungsional pendek.
2.   Grammar:
·     Past progressive
·     Phrasal verb
·     Conditional sentence
·     Sentence connectors
1.   Menulis teks fungsional pendek.
2.   Mengguna-kan struktur past progressive dalam teks dengan tepat.
3.   Menulis conditional sentence.
4.   Memahami penggunaan phrasal verb, dan sentence connectors dalam kelimat dengan benar.
1.  Membuat teks fungsional pendek.
2.  Mengguna-kan past progressive dengan tepat.
3.  Mengguna-kan phrasal verb dan sentence connectors dengan tepat.
4.  Mengguna-kan conditional sentence pada kalimat dengan tepat.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Uraian
Change these real facts into Conditional sentence Type 2 and 3 only!
1.  I don’t know               = ….
2.  I didn’t know              = ….
3.  He is not here            = ….
4.  He cannot speak       = ….
5.  He wasn’t in the office                                    = ….
2 jam pelajaran
1.  Buku bahasa Inggris kelas XI.
2.  Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
Karakter peserta didik yang diharapkan: disiplin, tanggung jawab, kreatif, kerja keras.



                                                                                                                                                                    ................., ............................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                      Guru

____________                                                                                                                                                         ____________
NIP.                                                                                                                                                                          NIP.




Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                   :     XI
Semester                            :     Genap
Standar Kompetensi        :     Menulis
                                                  12. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof  dan hortatory
                                                        exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
12.2        Mengungkap-kan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dalam teks berbentuk:  narrative, spoof, dan hortatory exposition.

Teks berbentuk:
·     Narrative
·     Spoof
·     Hortatory exposition
1.  Menulis gagasan utama teks narrative, spoof, dan hortatory exposition.
2.  Mengelaborasi gagasan utama teks narrative, spoof, dan hortatory exposition.
3.  Membuat teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
4.   Mengidentifikasi gagasan utama teks narrative, spoof, dan hortatory exposition.
5.   Mengelaborasi gagasan utama teks narrative, spoof, dan hortatory exposition.
6.   Menghasilkan teks berbentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition.
Tes lisan

Tes tertulis
Praktik


Isian
Uraian
Follow the instructions to prepare to write a spoof text!
Think of a funny incident that happened to you.
Here are some questions to help you add necessary and interesting information to your story.
1.          Who was involved in your story?
2.          Where did it happen?
3.          When did it happen?
4.          What are the important events in the story?
Now you are ready to use your notes to write your first draft.
Follow the rhetorical steps of spoof texts: orientation, events, and twist.
2 jam pelajaran
1.  Buku bahasa Inggris kelas XI.
2.  Buku Simpati SMA Bahasa Inggris kelas XI.
Karakter peserta didik yang diharapkan: disiplin, tanggung jawab, kreatif, kerja keras.


                                                                                                                                                                    ................., ............................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                      Guru

____________                                                                                                                                                         ____________
NIP.                                                                                                                                                                          NIP.